Mahasiswa University of San Carlos Philipina Belajar Bahasa Indonesia Ke Universitas Jember

Jember, 8 Mei 2014

Universitas Jember kembali menerima tamu dari luar negeri. Kali ini datang dari Department of Accountancy University of San Carlos Philipina, (8/05). Sebanyak 50 orang mahasiswa beserta dosen dan pendamping akan belajar di Universitas Jember. Selama tujuh hari kedepan mereka semua akan belajar Bahasa Indonesia yang akan dipandu oleh beberapa dosen dari Fakultas Sastra.

Pembantu Rektor III Unej Prof. Dr. H.M Saleh, MSc  dalam sambutannya menuturkan bahwa beliau pernah berkunjung ke University of San Carlos Philipina pada 2008 lalu. Kunjungan tersebut dalam rangka penandatanganan kerjasama antara Fakultas Ekonomi Universitas Jember dengan Department of Accountancy University of San Carlos Philipina.

Dalam sambutan Bahasa inggris Prof. Saleh berharap agar semua yang datang pulang dengan membawa kesuksesan. “Saya berharap kalia semua sepulang dari Unej sudah bisa menguasai Bahasa Indonesia setidaknya bahasa yang sering digunakan dalam komunikasi sehari-hari,” tutu Prof. Saleh.

Sementara itu sekretaris International Office (IO) Aditya Wardhana, PhD kedatangan mereka merupakan merupakan lanjutan implementasi Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) yang telah ditandatangani pada 2009 lalu. Selama ini Universitas Jember telah mengundang beberapa dosen dari perguruan tinggi yang berkampus di Cebu City ini mengajar di Kampus Tegalboto.

“Ini adalah program lanjutan dari apa yang telah dilakukan sebelumnya, beberapa waktu lalu empat orang dosen dari Unej juga menjadi dosen tamu disana selama kurang lebih 10 hari,” tuturnya.

Robee Ann logarta salah satu dosen yang iktu mendampingi menuturkan, kedatangan para mahasiswa ke Universitas Jember dalam rangka untuk belajar bahasa Indonesia. Menurutnya, hal itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan para mahasiswa University of San Carlos Philipina dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 mendatang.

“Kami merasa senang sekali dapat belajar bahasa Indonesia di Universitas Jember, ini akan menjadi bekal para lulusan kami nantinya dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC), kami senang sekali dengan adanya kerjasama ini dan semoga akan terus berlanjut,” ujar Robee.

Praicell salah satu mahasiswi University of San Carlos menuturkan, dirinya dan teman-temannya merasa sangat senang dengan lingkungan yang ada Universitas Jember. Menurutnya, selain lingkungan yang asri masyarakatnya juga ramah-ramah. “Kami senang belajar disini terasa seperti dirumah sendiri, masyarakatnya ramah-ramah,” ujarnya. (MJ)

Leave us a Comment