Mahasiswa Universitas Jember Ikuti KKN Kebangsaan di Riau

Jember, 9 Agustus 2016

Universitas Jember mengirimkan enam mahasiswanya berpartisipasi dalam kegiatan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2016. Tahun ini KKN Kebangsaan mengambil tempat di provinsi Kepulauan Riau. Menurut Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, Agung Purwanto, keenam duta Tegalboto ini ditempatkan di Kabupaten Karimun, Lingga, Bintan, Natuna, Anambas dan Batam. “Mereka mengikuti KKN Kebangsaan bersama kurang lebih 600 mahasiswa dari 33 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia,” jelas Agung di kampus Universitas Jember (9/8).

Bela Lestari Dwireja, salah satu mahasiswa Universitas Jember yang ditempatkan di  Kabupaten Bintan melaporkan, dirinya bersama empat belas rekannya tengah menggagas program ekowisata Bekarangdi Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang. “Bekarang adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat Melayu untuk mencari kerang, atau hewan laut lainnya. Bekarang dilakukan ketika air laut surut, tepatnya saat malam hari atau selepas subuh. Di Desa Malang Rapat, aktivitas Bekarang ini menjadi salah satu tradisi masyarakat setempat,” ujar Bela yang mahasiswi Fakultas Pertanian ini.

Menurut Bela, jika dikemas dengan baik, maka kegiatan Bekarang dapat menarik wisatawan. Pasalnya selain menikmati keindahan pantai, wisatawan dapat belajar bagaimana kearifan lokal masyarakat Desa Malang Rapat dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada. “Kami sengaja memilih program pengabdian kepada masyarakat di bidang ekowisata karena tema KKN Kebangsaan kali ini adalah Pengembangan Ekowisata Bahari Pulau Terdepan, Tertinggal dan Terisolir Provinsi Kepulauan Riau Berbasis Masyarakat Sebagai Strategi Menjaga Kedaulatan NKRI,” tambah gadis yang aktif di AIESEC.

            Untuk diketahui, Desa Malang Rapat termasuk salah satu wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terisolir) yang memiliki potensi bahari yang luar biasa. Salah satu keindahan panorama pantai yang dilengkapi tujuh pulau kecil yang cocok dijadikan destinasi wisata. “Sebagai langkah awal kami membuat website yang berfungsi sebagai media promosi dan penyebaran informasi mengenai potensi wisata Desa Malang Rapat,” tambah Bela. Diharapkan melalui KKN Kebangsaan ini dapat mendukung program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Selain beranggotakan delegasi dari Universitas Jember, tim KKN Kebangsaan di Desa Malang Rapat adalah utusan dari UIN SUSQA Riau, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jambi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Nusa Cendana, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Riau dan Univeristas Sriwijaya. Selama mengikuti KKN Kebangsaan dari tanggal 25 Juli hingga 25 Agustus 2016, mereka didampingi Alfiandri, dosen Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanungpinang, Kepulauan Riau. (iim/sumber lainnya).

Leave us a Comment