Mahasiswa Universitas Jember Gelar Aksi Peduli Autisme

Jember, 7 April 2015

Dalam rangka memperingati hari autisme sedunia yang jatuh pada 2 April lalu, sejumlah mahasiswa Universitas Jember menggelar aksi damai. Mereka yang tergabung dalam Mahasiswa peduli Autisme berjalan dari double way Universitas Jember dengan membawa berbagai spantuk dan papan yang berisi seruan peduli pada anak penderita autisme.

Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD Rektor Universitas Jember dalam pembukaannya mengatakan, Universitas Jember selama ini memang selalu peduli pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Kepedulian itu menurutnya diwujudkan dengan dibukanya peluang untuk menjadi mahasiswa di Universitas Jember.

“Kami tidak membeda-bedakan asalkan mereka, kami siap menerima mahasiswa dari kalangan difabel jika memang mereka lolos seleksi,” ujarnya. Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD menambahkan, saat ini pun ada mahasiswa difabel yang terdaftar di Universitas Jember.

“Dari informasi yang saya dapat di Program Studi Sistem Informasi ada salah satu mahasiswanya yang termasuk dalam kategori autis,” imbuh Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD.

Sementara itu Nunung Nuring Hayati penggagas acara mengatakan, akhir-akhir ini jumlah penderita autism semakin bertambah. Sehingga menurutnya diperlukan kepedulian kepada mereka agar bisa mendapatkan hak yang sama untuk berpendidikan, kehidupan yang layak dan dapat diterima di lingkungan sosial dengan baik.

“Mereka juga berhak mendapatkan itu semua, sebenarnya mereka tidak minta untuk dikasihani namun mereka hanya ingin masyarakat peduli keberadaan mereka,” ujarnya.

Menurut perempuan yang akrab disapa Nunung ini, autis adalah suatu hambatan perkembangan yang berpeluang untuk disembuhkan dan dicari potensi yang dimiliki. “Dengan kasih saying dan kesabaran kita bisa menemukan potensi mereka dengan segla kelebihan, walaupun nampaknya berbeda dengan pendidikan khusus, terapi maka peluang mereka untuk sukses terbuka lebar,” pungkas Nunung yang juga merupakan Dosen Fakultas Teknik Universitas Jember. (Mj)

Leave us a Comment