Mahasiswa Teknik Ukir Prestasi DI KRI Tingkat Nasional

Jember 7 Juni 2016.

Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Jember berhasil merebut Peringkat 4 di arena Kontes Robot Indonesia 2016. Acara yang digelar mulai tanggal 1-4 Juni 2016 di Politeknik Elektronika Negeri  Surabaya, diikuti oleh jawara-jawara di tingkat regional di Seluruh Indonesia. Tema yang diambil dalam kompetisi ini adalah Efisiensi Energi Terbarukan.

Pada KRI 2016 ini  terdapat lima divisi, yaitu  Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI). Devry Berta Irawan ketua tim Universitas Jember menuturkan mereka turun di kategori KRAI. Dengan membawa robot yang mereka beri nama JR13 akhirnya mampu menjadi juara harapan, atau peringkat empat secara nasional.

“Bukan hal mudah kami bisa meraih ini, kami mampu menyingkirkan Juara 1 regional 2 di seperdelapan final dan menyingkirkan juara 1 regional 3 di babak seperempat final, di final kami mampu menduduki peringkat 4” tutur mahasiswa fakultas teknik angkatan tahun 2013 ini. Ia menambahkan JR13 berdiameter 100cm x 100cm x 85cm ini telah dipersiapkan sejak bulan nopember 2015. Robot ini terdiri dari 2 robot. Robot pertama adalah robot tanpa energy sama sekali. Ia akan didorong oleh robot kedua yang di kendalikan oleh seorang driver.  “JR13 dirancang sebagi robot manual bukan otomatis” katanya.

Sementara itu Abdur Rohim rekan satu tim Devry mengatakan sebenarnya tidak ada masalah robot yang dilombakan itu dirancang sebagai robot otomatis atau manual. Yang penting robot bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ia menambahkan tingkat kesulitan yang dihadapi tim pada saat persiapan adalah belum tersedianya lintasan standar untuk latihan sehingga driver tidak terbiasa dengan dengan lintasan yang harus dilalui pada saat kontes. Ia berharap ke depan  fasilitas itu bisa meraka dapatkan sehingga Fakultas Teknik bisa mengibarkan bendera Universitas Jember lebih tinggi.(did)

Leave us a Comment