Mahasiswa PSIK Praktek Klinik Di RS Paru Jember

Jember, 29 April 2014

Sebanyak 70 mahasiswa semester IV Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember melaksanakan Praktek Klinik di Rumah Sakit (RS) Paru Jember. Kegiatan Pembelajaran Klinik ini dimaksudkan sebagai bagian dari implementasi kurikulum berbasis kompetensi. PSIK Universitas Jember sengaja menempatkan kegiatan Pembelajaran Klinik di awal perkuliahan dengan harapan dapat menumbuhkan naluri asuhan kep[erawatan dan rasa memiliki profesi keperawatan. “Pengalaman belajar klinik ini merupakan bagian penting dalam proses pendidikan mahasiswa keperawatan, jadi mahasiswa tidak hanya tahu teori saja, namun akan dihadapkan pada permasalahan nyata,” ujar Ns. Roymond Simamora, M.Kep yang turut mendampingi mahasiswanya.

Selama mengikuti Pembelajaran Klinik di RS Paru Jember, mahasiswa PSIK Universitas Jember akan dilatih berhadapan dengan masalah nyata yang menuntut respon terhadap tantangan dengan cara mencari pengetahuan dan ketrampilan untuk menyelesaikannya. Mahasiswa mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dalam mengambil keputusan klinik yang merupakan manifestasi dari keterpaduan menalar secara alamiah dan etik yang bertolak dari masalah nyata dalam keperawatan. Pengalaman belajar ini juga pada saat yang  bersamaan merupakan kesempatan sebagai profesional adjustment bagi mahasiswa keperawatan atau yang  dikenal sebagai sosialisasi profesional.

Sementara itu dalam sambutan penerimaannya di Aula RS Paru Jember (21/04), Sutrisno selaku Komite Keperawatan RS Paru Jember mengharapkan kehadiran mahasiswa PSIK Universitas Jember dapat memberikan dampak positif bagi RS Paru Jember maupun bagi mahasiswa sendiri. “Kami mengharapkan teman-teman bisa belajar dengan tertib sesuai dengan apa yang di instruksikan oleh para pendamping,” jelas Sutrisno.

Sebelumnya para mahasiswa telah dibekali dengan kemampuan laboratorium yang telah dilakukan di kampus PSIK Universitas Jember. Nantinya selama sebulan, para mahasiswa PSIK Universitas Jember akan belajar mengenai tindakan-tindakan medis dan pengobatan dasar. Kegiatan ini akan berlangsung sejak tanggal 21 April lalu dan akan berakhir pada tanggal 17 Mei mendatang.

Tidak hanya menjadi kawah candradimuka bagi para mahasiswa PSIK Universitas Jember saja, kegiatan Praktek Klinik sekaligus berfungsi sebagai ajang memperdalam fungsi Pembimbing Klinik (Clinical Educator) bagi para dosen. Menurut Ns. Roymond Simamora, M.Kep seorang dosen Ilmu Keperawatan dituntut menguasai tiga peran yakni pertama sebagai educator (pendidik), kedua sebagai care giver (pelaksana) dan sebagai role model (model contoh). “Jadi dalam kegiatan ini yang belajar tidak hanya mahasiswa, namun juga dosen. Sehingga dosen pembimbing klinik dapat memahami konsep keperawatan, sehingga trampil sebagai pengajar dan mempunyai komitmen sebagai pembimbing klinik yang berperan membantu kegiatan mahasiswa,” tutur pria asal Medan ini.

PSIK Universitas Jember menurunkan lima dosen sebagai pembimbing diantaranya Ns. Wantiyah. M.Kep. Ns. Dodi Wijaya, Ns. Anisah Ardiana M.Kep, Ns Retno Purwandari. M.Kep, Ns. Nurfika Asmaningrum. M.Kep dan Ns. Roymond Simamora M.Kep. sendiri. (Roymon,Iim,Mj)

Leave us a Comment