Mahasiswa Peserta Program KKN Di Desa Jambesari Bersih-Bersih TMP

KKNUNEJ-TMP-1-768×432

Bondowoso, 23 Agustus 2018

Banyak cara dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73. Salah satunya dengan cara melakukan bersih-bersih Taman Makam Pahlawan (TMP) Tamanan, Bondowoso. Kegiatan ini diadakan oleh mahasiswa Universitas Jember peserta program Kuliah Kerja Nyata 2018 yang ada di lokasi Desa Jambesari (18/8). Di bawah bimbingan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Jambesari, para mahasiswa membersihkan areal TMP bersama rekannya, sesama mahasiswa peserta program KKN yang berasal dari STIE Mandala Jember.

Menurut Miftahul Jannah, salah seorang mahasiswa peserta kegiatan, bersih-bersih TMP diadakan dengan tujuan agar generasi muda seperti kalangan mahasiswa tetap mengingat jasa-jasa para pahlawan yang gugur mempertahankan kemerdekaan NKRI. “Selain tentunya agar TMP makin resik sehingga pengunjung yang datang bisa nyaman,” ujar Miftahul Jannah. Dalam kegiatan bersih-bersih kali ini ada 20 mahasiswa dari Universitas Jember dan STIE Mandala yang turut berpartisipasi.

Sementara itu, Babinsa Desa Jambesari, Serka. M. Noor Asikin berterima kasih akan inistaif mahasiswa yang melaksanakan gerakan bersh-bersih TMP Tamanan. Pasalnya menurut Serka N. Noor Asikin, mahasiswa adalah geneerasi muda dari kalangan intelektual yang bakal mejadi pemimpin di masa datang. Jika sedari awal para mahasiswa sudah menghormati jasa-jasa para pendahulu bangsa, maka diharapkan akan tumbuh rasa cinta negeri, dan semangat untuk mempertahankan NKRI tercinta.

“Jangan lupa, pemuda adalah harapan bangsa. Itulah mengapa Bung Karno punya semboyan, berikan saya 100 orang tua akan saya cabut gunung Semeru, berikan saya 10 pemuda akan saya goncang dunia. Artinya bahwasanya Bung Karno mengedepankan pemuda, runtuh dan tegaknya NKRI apa katanya pemuda,” tegas Serka Noor Asikin. Kegiatan bersih-bersih diawali dengan doa bersama dan diteruskan dengan membersihkan seluruh areal TMP Tamanan. (Tim Berkarya KKN Bondowoso).