Mahasiswa FTP Raih Predikat Nilai Sempurna Student Exchange Di Jepang

Jember, 7 Maret 2016

Tiga mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universiatas Jember berhasil lulus dari Student Exchange di Prefectural University of Hiroshima Jepang. Mereka adalah Ria Dewi Nurani, Dina Mustika Rini dan Lulus Kartika Ningtias yang telah melaksanakan riset dalam rangka penyelesaian tugas akhir selama 1 semester di Prefectural University of Hiroshima Jepang  tahun lalu.

Dekan FTP Universitas Jember yaitu Dr. Yuli Witono, S.TP., MP saat diwawancarai disela-sela kesibukan kerjanya, (6/3) mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi langsung atas progress dan hasil akhir mereka selama di PUH Jepang menunjukkan kesan dan penilaian yang luar biasa.

“Mulai dari supervisor, dekan dan presiden PUH sangat mengapresiasi kinerja tiga mahasiwa kami tersebut. Menurut beliau (presiden PUH) kinerja mahasiswa Universitas Jember sangat excellent di antara peserta Student Exchange dari Perguruan Tinggi Indonesia lainnya dan bahkan lebih baik dibanding undergraduate student (mahasiswa S1) PUH Jepang.,” paparnya bangga.

Menurut pria yang akrab disapa Yuli ini, apresiasi yang diberikan oleh Presiden PUH ini disampaikan berkali-kali baik dalam sesi monitoring dan evaluasi progress report di seminar room maupun saat sesi wrap up dengan pimpinan PUH, serta dibuktikan dengan sertifikat dan rapor mereka ketiganya yang nilainya sempurna atau A.

“Bahkan sebagai apresiasi atas kinerja tiga mahasiswa dengan hasil yang excellent ini, pihak PUH menambah jumlah penerima scholarship untuk Universitas Jember dari semula yang hanya 3 mahasiswa pada 2015 lalu naik menjadi 12 mahasiswa pada tahun 2016 s/d awal 2017, sehingga setiap 3 bulan kami akan mengirimkan 3 mahasiswa secara bergantian hingga 12 mahasiswa,” paparnya lagi.

Yuli menambahkan, nantinya setiap mahasiswa yang dikirim akan menerima beasiswa sebesar 30.000 Yen Jepang untuk setiap bulannya. Mereka juga akan mendapatkan fasilitas pembimbingan langsung oleh profesor sebidang yang sangat mumpuni, free tuition fee (SPP), dan free charge of dormitory.

“Kegiatan utama yang dilakukan adalah melaksanakan penelitian dalam rangka penyelesaian tugas akhir di laboratorium, selain itu mahasiswa juga akan difasilitasi untuk melakukan culture exchange dan social excursion ke berbagai tempat menarik di Jepang,” ujar dekan pecinta musik ini.

Diakhir wawancara Yuli mengatakan, sebelum diberangkatkan berpesan kepada mereka bertiga bahwa mereka berangkat bukan untuk mewakili diri pribadi atau fakultas, namun mereka berangkat sebagai duta Universitas Jember dan duta bangsa Indonesia.

“Saya meminta kepada mereka agar saat berada di Negeri Jepang untuk menunjukan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang mumpuni, cerdas dan bisa dipercaya, serta dapat mendedikasikan kinerja yang maksimal,” pungkasnya.

Leave us a Comment