Mahasiswa FTP Kembali Juarai Lomba Esai

Jember, 8 Januari 2013

Mahasiswa FTP kembali menorehkan prestasi gemilang. Setelah sebelumnya terpilih sebagai juara I kategori mahasiswa dalam ajang The New You Leadership Award, kini Rosyid Ridho terpilih sebagai juara I lomba menulis esai  mahasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Halu Oleo, Kendari (15/12).

Pada kompetisi tingkat nasional itu Rosyid mengangkat pokok bahasan pentingnya ketahanan pangan yang berbasis pada potensi pangan lokal. Dia menuturkan diambilnya pokok bahasan tersebut dikarenakan merupakan sebuah isu yang sangat penting. Karena seiring pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat lahan pertanian semakin sempit.

“Pertumbuhan penduduk yang meningkat mengakibatkan semakin sempitnya lahan pertanian, sehingga perlu adanya inovasi-inovasi pangan lokal yang tahan terhadap perubahan iklim, memiliki  produktifitas tinggi serta mudah dibudidayakan” tuturnya.

Rosyid merasa senang karena gagasannya terkait dengan  pengembangan  pangan lokal dengan teknologi moderen mendapat apresiasi yang baik dari para dewan juri. “Saya sangat berharap karya-karya esai saya dapat menjadi suatu landasan terciptanya aplikasi terapan dimasyarakat. sehingga karya saya tidak hanya sebatas teoritis namun juga dilaksanakan secara aplikatif,” imbuhnya.

Sejak tahun 2011 sudah 40 lebih penghargaan tingkat lokal, nasional dan Internasional yang dia raih. “Penghargaan ini serta penghargaan lainnya semata-mata adalah berkat Rahmat Allah swt, doa kedua orang tua, para guru, dan teman-teman yang senantiasa mendukung” pungkas pemuda yang gemar naik gunung ini. Dia berharap semoga saja lebih banyak lagi mahasiswa Unej yang meraih penghargaan lokal, nasional atau bahkan level internasional. (MJ)

Leave us a Comment