Mahasiswa Baru Universitas Jember : Saya Indonesia, Saya Pancasila

AksiMaba-3_UNEJ

Jember, 26 Agustus 2017

Ribuan mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2017 unjuk kebolehan dengan aksi paper mob bertuliskan berbagai kalimat penyemangat, salah satunya mereka membentuk kalimat “Saya Indonesia, Saya Pancasila” di stadion Universitas Jember (26/8). Bentuk paper mob lain yang ditampilkan antara lain Saya Cinta UNEJ, lambang UNEJ, dan bendera merah putih. Aksi ini menjadi puncak dari rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) yang digelar semenjak tanggal 14 Agustus 2017 lalu. Selain diisi dengan aksi paper mob, mahasiswa baru Universitas Jember berkesempatan menunjukkan kebolehan di bidang seni selepas kegiatan jalan santai menyusuri kampus Tegalboto.

AksiMaba-3_UNEJ

Menurut Moh. Hasan, Rektor Universitas Jember, aksi paper mob kali ini ingin menunjukkan bahwa semua mahasiswa Universitas Jember adalah garda depan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bertekad menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa. “Mahasiswa Universitas Jember sebagai kaum terpelajar dan intelektual penerus bangsa bertekad mempertahankan NKRI dan Pancasila, Saya Indonesia Saya Pancasila,” tegas Moh. Hasan saat berpidato di depan ribuan mahasiswa dan hadirin yang memadati stadion pagi itu. Tak lupa rektor meminta kepada seluruh mahasiswa baru agar segera beradaptasi dengan suasana dan kehidupan perguruan tinggi.

Sebelumnya dalam kegiatan PK2 selama seminggu lalu, selain mendapatkan materi mengenai manajemen diri dan seluk beluk belajar di dunia perguruan tinggi, para mahasiswa juga mendapatkan materi mengenai Wawasan Kebangsaan, Bela Negara serta kedisiplinan. “Untuk materi wawasan kebangsaan, bela negara dan kedisiplinan kami menggandeng Secaba Rindam V Brawijaya. Sedangkan untuk mahasiswa baru di kampus 2 Bondowoso dan kampus 3 Lumajang, kami bekerjasama dengan Kodim setempat,” jelas Moh. Hasan. Setelah mengikuti kegiatan PK2, para mahasiswa baru bakal mengikuti kegiatan Pengenalan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (P2Maba) di sela-sela perkuliahan yang diadakan di tiap fakultas.

AksiMaba-3_UNEJ

Selama mengikuti kegiatan jalan santai menyusuri kampus Tegalboto, para mahasiswa baru menikmati unjuk kebolehan yang dimainkan oleh kakak kelas mereka yang tergabung dalam berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Setibanya di garis finish di lapangan upacara kampus Tegalboto, panitia PK2 Universitas Jember juga membagikan doorprize. Menurut M. Jazuli, Kepala Bagian Kemahasiswaan Universitas Jember, ada 63 hadiah yang dibagikan dari sepeda gunung, smartphone, kulkas dan lainnya. Salah seorang mahasiswa baru yang beruntung adalah Laila Masidah, mahasiswi Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, yang mendapatkan kulkas. “Alhamdulillah, terima kasih saya dapat kulkas, sungguh nggak nyangka bakal dapat doorprize utama dari BNI,” ujar gadis asli Kecamatan Ajung ini yang gembira namun kebingungan bagaimana harus  membawa kulkasnya. (iim)

AksiMaba-3_UNEJ
Blog Attachment