LPM Gelar Pelatihan Untuk Dosen Se-Besuki Raya

Jember, 10 Desember 2014

Keberadaan perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta harus mampu meberikan kebermanfatan kepada masyarakat sekitas. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberikan kemanfaatan kepada masyarakat sesuai dengan yang bisa dilakukan.

Demikian yang disampaikan oleh rektor universitas jember drs. Moh. Hasan, m.sc., ph.d. Di depan puluhan dosen perwakilan pts/ptn se-besuki raya dalam pembukaan pelatihan dan pendampingan penyusunan proposal multi tahun hibah pengabdian kepada masyarakat, (10/12).

Dalam acara yang digelar di aula lembaga pengabdian kepada masyarakat (lpm) ini mengajak kepada para peserta pelatihan agar dalam melakukan kegiatan pengabdian yang memiliki kemanfaatan langsung kepada masyarakat terutama di dalam meningkatkan kesejahteraan.

“Seperti yang telah dilakukan salah satu dosen pertanian unej yang mengajak warga untuk beternak semut rangrang, sekarang warga sekitar sudah banyak yang ikut dan mereka kini sudah mendapatkan penghasilan tambahan dengan potensi 700-1 juta dalam sebulan,” ungkap rektor. Dalam bidang perkebunan lanjut hasan, universitas jember juga memiliki produk berupa pupuk cair yang bisa digunakan untuk merangsang pembungaan pada tanaman kelengkeng. Menurutnya, di jember khususnya daerah jember selatan memiliki potensi tanaman kelengkeng sangat besar.

Sehingga menurut rektor perlu adanya sebuah pendampingan. “kini petani sudah bisa mengatur pembungaan kelengkengnya sehingga bisa mengatur masa panen, itu semata-mata untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat terhadap keberadaan universitas jember” ujar rektor yang akrab disapa hasan ini.Ketua lembaga pengabdian kepada masyarakat (lpm), drs. Sujito, ph.D. Menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut harusnya diikuti oleh 96 orang. Namun menurutnya, sampai acara dimulai peserta peserta yang hadir sebanyak 70 orang. “beberapa yang dari luar kota masih dalam perjalan menuju lpm,” ujar sujito.

Leave us a Comment