LP3 Universitas Jember Gelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar

Jember, 20 Agustus 2016

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember menggelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar selama dua hari, Kamis-Jumat (20-21/10). Pelatihan kali ini diikuti oleh empat puluh orang peserta yang merupakan dosen dari fakultas dan program studi yang ada di Kampus Tegalboto. Dalam sambutannya, Ketua LP3 Universitas Jember, Prof. Dr. Ir. Tejasari, M.Sc., menyampaikan bahwa menyusun buku ajar adalah kewajiban bagi dosen dalam menunjang proses perkuliahan. Oleh karenanya, pelatihan ini dilakukan agar minat dan kemampuan dosen dalam menulis buku ajar dapat meningkat.

“Para peserta pelatihan penulisan buku ajar ini adalah para dosen yang sudah mengikuti pelatihan Pekerti/AA sehingga diharapkan sudah memiliki dasar dalam menyusun buku ajar,” jelas perempuan yang akrab disapa Bu Teja ini. Pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan profesionalisme dosen di Kampus Tegalboto dan meningkatkan kegiatan pembelajaran berbasis SCL. Tejasari juga berharap agar dosen yang hadir dalam pelatihan ini dapat fokus dan menyusun buku ajar selama kurun waktu pelatihan dua hari. “Kami melihat sambutan para dosen cukup positif, malah ada usulan agar kegiatan seperti ini dilakukan minimal dua kali dalam setahun bahkan lebih,” tambahnya lagi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan,  menyampaikan kepada seluruh dosen yang hadir agar dapat mengikuti pelatihan kali ini dengan sungguh-sungguh. Moh. Hasan juga berharap agar para dosen dapat tetap menjalankan Tri Dharma pendidikan dengan baik dan tetap bersemangat, serta harus memiliki planning yang jelas agar bisa berkontribusi bagi pengembangan keilmuan sesuai dengan bidangnya masing-masing. “Perlu diperhatikan, mahasiswa saat ini merupakan generasi yang akrab dengan dunia teknologi informasi, sehingga menuntut dosen terus berinovasi dalam membuat model pembelajaran dan menyesuaikan cara mengajar dengan karakter mahasiswa generasi saat ini,” urai Moh. Hasan.

Hadir sebagai pemateri dalam pelatihan kali ini antara lain Dr. Hobri, M.Pd., Prof. Dr. Ir. Tejasari, M.Sc., Dra. Anastasia Erna R.S., M.Hum., Dr. Poerwanto, M.Kes.Prof. Dr. Ir. Bambang Sujarnako, MM., dan Prof. Dr. I Made Tirta, M.Sc. Pelatihan Penulisan Buku Ajar ini dilaksanakan di lantai 4 gedung CDAST. (lid/adel).

Leave us a Comment