Lomba Mewarnai Dan Panggung Boneka FKG Ramaikan Sunday Market Kreanova

Kreanova2-1-630x330px

Jember, 25 April 2017

Sunday Market Kreanova Universitas Jember makin semarak, tidak hanya menampilkan beragam produk kreatif inovatif dari keluarga besar Kampus Tegalboto, pasar dadakan setiap hari Minggu ini diramaikan berbagai kegiatan positif. Seperti yang tampak hari Minggu lalu (23/4), Sunday Market Kreanova diramaikan dengan lomba mewarnai tingkat PAUD dan TK, serta penampilan mahasiswa profesi dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi yang memberikan sosialisasi bagaimana merawat gigi dengan cara menampilkan panggung boneka.

Menurut Soni Sisbudi Harsono, koordinator Sunday Market Kreanova, pihaknya berusaha menampilkan berbagai kegiatan yang positif di setiap kali pelaksanaan supaya pengunjung mendapatkan banyak manfaat. “Hari ini kami menggelar lomba mewarnai dalam rangka Peringatan Hari Kartini, yang diikuti oleh 11 siswa siswi PAUD dan 27 siswa siswi TK. Sebelum lomba dimulai kami gelar senam aerobik bersama, jadi pengunjung dapat berbelanja sekaligus berolahraga agar sehat,” ujar pria yang juga dosen di Fakultas Teknologi Pertanian ini. Sementara itu, Maharja, salah seorang dokter gigi muda menjelaskan jika program panggung boneka dipilih karena dirasa efektif menyampaikan pesan-pesan cara menjaga kesehatan gigi kepada anak-anak. Hari itu ada 20 dokter gigi muda yang terlibat.

Kreanova2-3

Pelaksanaan Sunday Market Kreanova mendapatkan dukungan dari jajaran pimpinan Universitas Jember, hal ini tampak dari kedatangan Rektor bersama Wakil Rektor II. Saat berkunjung di Sunday Market Kreanova, Moch. Hasan menyempatkan mengunjungi berbagai stand, terutama yang memajang produk berbasis penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, serta lapak para mahasiswa. Beberapa stand yang mendapatkan perhatian Moch. Hasan antara lain produk terasi siap santap Payangan yang merupakan binaan Lembaga Penelitian, dan produk pestisida organik yang dibuat oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian. Sementara itu Wachju Subchan, Wakil Rektor II memilih membeli beberapa tanaman hias yang ditampilkan oleh Hortimart Fakultas Pertanian.

Kreanova2-2

Dalam diskusi singkatnya dengan para pegiat Kreanova, Moch. Hasan menyarankan agar lokasi Sunday Market Kreanova dipindah ke lapangan sebelah utara Gedung Soetardjo agar masyarakat umum dapat dengan mudah mengakses Sunday Market Kreanova, sehingga makin ramai. Rektor juga mengingatkan agar ketertiban dan kebersihan selalu dijaga agar pengunjung makin kerasan. “Selain itu dicoba untuk menjalin kerjasama dengan para mitra Universitas Jember, khususnya dari sektor perbankan, agar dana CSR-nya dapat digunakan untuk membina usaha-usaha baru yang mulai berkembang, khususnya usaha para mahasiswa,” jelas Moch. Hasan.

Sumbangan pemikiran dari Rektor Universitas Jember mendapatkan tanggapan langsung dari Soni Sisbudi Harsono. Menurutnya selalu ada evaluasi seusai pelaksanaan Sunday Market Kreanova. Termasuk di dalamnya evaluasi terhadap peserta yang hadir, dan usaha peningkatan ketertiban serta kebersihan. Evaluasi dilakukan agar tujuan mengembangkan perekonomian warga kampus Tegalboto dapat terwujud. “Untuk pelaksanaan Sunday Market Kreanova hari Minggu tanggal 30 April nanti bakal dilaksanakan di lapangan sebelah utara Gedung Soetardjo,” pungkasnya. Sunday Market Kreanova makin ramai dengan kehadiran para guru asal Thailand serta peserta reuni Program Studi Hama, dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Jember. (iim)