Lepas 249 Mahasiswa, Dekan FEB Universitas Jember Bekali Yudisi Dengan Lima Prinsip

FEB_UNEJ-2-768×512

Jember, 6 September 2018

Dekan bersama jajaran dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jember melepas 249 mahasiswanya dalam acara yudisium periode I tahun akademik 2018/2019 di ruang Multimedia kampus setempat (6/9). Dalam kesempatan ini, M. Miqdad, Dekan FEB, membekali para yudisi dengan lima prinsip, yakni integrity, attitude, performance, spirit dan capacity. Menurutnya, jika para yudisi berpegang pada lima prinsip tersebut maka ilmu yang telah di dapat di Kampus Tegalboto akan menjadi ilmu yang bermanfaat. Para mahasiswa yang mengikuti acara yudisium terdiri dari 13 orang yudisi tingkat magister, 137 orang yudisi tingkat sarjana, dan 93 orang yudisi tingkat diploma. Selanjutnya, para yudisi akan mengikuti upacara wisuda yang akan diselenggarakan di Gedung Soetardjo pada hari Sabtu, 8 September 2018 nanti.

“Saya berpesan agar keseluruhan yudisi berpegang kepada lima prinsip, yang jika Anda pegang maka insyaallahmenjadi bekal berharga dalam mengarungi dunia kerja. Yang utama adalah integrity atau integritas, tanpa integritas maka tidak ada gunanya ilmu yang sudah dimiliki. Integritas disusun oleh kejujuran dan disiplin yang dimanifestasikan melalui kesesuaian antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan,” tuturnya kepada seluruh hadirin yang memenuhi ruang Multimedia FEB. Lantas dengan sungguh-sungguh, M. Miqdad berpesan kepada segenap anak didiknya yang bakal meninggalkan Kampus Tegalboto, agar tidak terseret arus dekadensi apalagi korupsi yang kini menggejala. “Sungguh miris jika melihat fenomena anggota DPRD di sebuah kota yang masuk tahanan gara-gara mengkorupsi uang yang sebenarnya secara nominal tidak terlalu besar, saya berharap semua lulusan FEB Universitas Jember kuat menolak godaan seperti itu,” imbuhnya.

Dekan yang juga dosen di Program Studi Akuntansi ini lantas menjelaskan empat prinsip lainnya. “Kedua adalah attitude atau sikap yang baik, maksudnya bersikaplah yang baik kepada siapa saja walau mungkin Anda disakiti. Ketiga, Anda harus memiliki performance atau kemampuan yang baik agar dimana pun Anda berada akan mampu menyelesaikan tugas dan amanah yang diemban. Keempat adalah spirit atau semangat, maksudnya gelorakan semangat pantang menyerah dalam mengejar kesuksesan. Terakhir adalah capacity, walaupun Anda sudah lulus kuliah namun bukan berarti lantas berhenti mencari ilmu, tetaplah asah kemampuan sesuai tuntutan jaman agar tidak tergilas oleh perubahan,” ujarnya lagi.

Dalam kegiatan yudisium kali ini, terpilih sebagai lulusan berprestasi untuk tingkat magister adalah Sri Rahayu Wilujeng, S.E., M.M., dari Program Studi Magister Manajemen dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)  3,83. Sementara Ira Puspita Dewi, SE., dari Program Studi Manajemen menjadi yang terbaik di tingkat sarjana dengan mencetak IPK 3,82. Adapun peraih gelar lulusan terbaik untuk tingkat Diploma adalah Mirna Devi Atika, A.Md., dengan IPK 3,85 dari Program Studi Diploma 3 Administrasi Keuangan. Kegiatan kemudian diakhiri dengan berbagi pengalaman sukses, dan dorongan motivasi dari Didit Sulistyawan, alumnus FEB Universitas Jember, pemilik jaringan usaha Grand Cellular, Grand Cafe, dan Apotek Grand. (iim)