Lagi, Fakultas Teknik Sabet Juara II Nasional Lomba Beton

Jember, 19 Mei 2016

Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember, lagi-lagi berhasil menyabet juara dalam lomba beton. Kali ini juara II dalam Lomba Reinforced Concrete Competions, Civil Expo 2016 yang digelar 12-15 Mei 2016 lalu berhasil dibawa pulang ke Kampus Tegalboto. Dalam lomba beton yang digelar oleh Institut Teknologi Surabaya (ITS) ini, tim Logawa Teloelas Fakultas Teknik Universitas Jember bersaing dengan 12 tim lainnya dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Dany Rahmatullah, Tedy Pranadiarso, Rossy Nain Nopan Juari menghadirkan karya inovasi yang berjudul “Inovasi Betom Bertulang Dengan Memanfaatkan Abu Sekam Padi Sebagai Substitusi Semen Dan  Kawat Galvanis Sebagai Penahan Gaya Geser Dan Lentur Balok.” Inovasi balok beton karya Dany dan kawan-kawan dengan memanfaatkan abu sisa pembakaran sekam padi cukup menarik perhatian dewan juri. Pasalnya, dengan memanfaatkan limbah tersebut mampu menghemat penggunaan semen sebesar 7%.

“Dengan suhu pembakaran 600-800 derajat celcius, sekam padi akan menghasilkan abu sekam yang mengandung silika reaktif. Silika ini fungsinya untuk meningkatkan  kuat tekan beton. Penggunaan abu sekam padi sebagai campuran semen seperti ini, sudah digunakan oleh beberapa pabrik semen,” ujar Dany.

Selain itu, menurut Dany, penggunaan sekam padi sebagai bahan beton bertolak dari fakta luasnya lahan pertanian padi di Kota Jember khususnya, dan di Indonesia pada umumnya.  “Saya pikir tidak terlalu sulit untu menerapkan inovasi ini, jumlah produksi padi kita banyak, tahun 2015 lalu saja Indonesia menghasilkan 75.5 juta ton padi, pasti sekam padinya juga berton-ton,” imbuhnya.

Perlu diketahui Reinforced Concrete Competions merupakan sebuah perlombaan yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa Teknik Sipil di seluruh Indonesia. Bidang yang diperlombakan adalah bidang perancangan desain beton dengan baja sebagai tulangan yang kemudian menghasilkan beton komposit dengan kemampuan untuk menahan gaya lentur dan geser sehingga struktur bangunan menjadi lebih kokoh dan aman secara keseluruhan. (moon)

Leave us a Comment