Kuliah Umum Internal Auditor Dalam Revolusi Industri 4.0

DSC_1839

Jember, 6 Mei 2019

Dalam rangka bulan kepedulian (awareness month) profesi auditor intern, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember gelar Kuliah Umum di aula lantai III Kantor Pusat Universitas Jember. Acara yang dihadiri oleh 250 peserta ini bekerja sama dengan The Institute of Internal Auditor Indonesia dengan mengusung tema “Role of Internal Auditor in embracing Industry revolution 4.0

Peserta yang hadir dalam acara ini terdiri atas praktisi, akademisi, mahasiswa Program Pasca dan Sarjana, alumni Universitas Jember dan alumni penerima beasiswa State Accountability Revitalization (STAR) di FEB Universitas Jember,” ujar Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak Ketua Program Studi Magister Akuntansi yang juga sekaligus penanggung jawab kegiatan.

Menurut Maria, dalam era revolusi industri 4.0 terdapat kekhawatiran para auditor apakah peran mereka akan tergantikan oleh mesin dengan artificial intelligent dan auditor akan mengalami kepunahan. Menurut Maria, hal inilah yang memotivasi para praktisi dan akademisi untuk mencari celah dalam rangka tetap mempertahankan peran auditor dalam pengawasan sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi.

“Mungkin dengan semakin canggihnya teknologi dapat menekan angka penyimpangan dalam pengelolaan administrasi dalam sebuah organisasi hingga pada angka nol koma sehingga keberadaan internal auditor tidak lagi begitu dibutuhkan,” imbuh Maria.

Namun Maria berharap para internal auditor untuk tetap berfikir optimis. Karena Maria yakin keberadaan internal auditor pada era revolusi industri 4.0 masih dibutuhkan.

“Karena keberadaan internal auditor dalam sebuah organisasi atau instansi akan menciptakan pengawasan yang baik dan tepat. Tentu ini akan memberikan keyakinan bahwa akuntabilitas suatu instansi atau organisasi telah dilaksanakan dengan baik pula,” lanjut Maria.

Oleh karena itu untuk memberikan keyakinan kepada para peserta terhadap peran internal auditor, Maria menghadirkan Nur Abdillah, Ak., MM., CA, CPSAk, QIA, CACP selaku Executive Director IIA Indonesia sebagai pemateri.

“Bapak Nur Abdillah ini memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta yang hadir tentang peran internal auditor di era revolusi industri 4.0 dalam sebuah organisasi atau instansi,” pungkas Maria.