Kuliah Umum Bersama Prof. Dorodjatun Kuntjoro Jakti

Jember, 30 Maret 2015

Komisaris Utama Bank BTPN, Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro Jakti hadir ke Universitas Jember dan menyampaikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa, (28/3). Sedikitnya ada 600 lebih mahasiswa memenuhi gedung Sotardjo untuk mengikuti dengan tertib kuliah umum yang bertajuk “Memposisikan Perguruan Tinggi Indonesia Menghadapi Asean Economic Community (AEC).”

Dalam pemaparan materinya Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro Jakti memaparkan, Indonesia dikaruniai geografi yang begitu strategis dan demografi yang begitu potensial untuk maju. Sehingga menurutnya, dalam masa  tiga periode kepresidenan ke depan, Indoneia harus benar-benar mampu memanfaatkan kesempatan berupa bonus demografi dengan baik.

“Kalo kita tidak disiapkan dengan baik percuma saja kita memiliki potensi yang begitu besar, pertumbuhan ekonomi juga harus ditingkatkan agar kita mampu menjadi negara yang maju tidak hanya bangga dengan predikat negara berkembang,” papar pria yang akrab disapa Prof. Dorodjatun ini.

Prof. Dorodjatun Kuntjoro Jakti  menyampaikan, untuk membangun Indonesia yang maju semua perguruan tinggi harus bekerja keras untuk mencipatakan lulusan yang berkualitas. Selain itu menurutnya, keahlian dan keterampilan masyarakat Indonesia juga harus ditingkatkan.

“Ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu kemampuan  bahasa inggris, matematika/sains dan yang ketiga yaitu Information Technology (IT), namun  tidak hanya itu saja pembenahan terhadap birokrasi juga penting,” imbuhnya.

Prof. Dorodjatun mengatakan, kondisi birokrasi di Indonesia masih kurang bersih dan sangat hierarki. “Masih banyak memerlukan perbaikan, kita bisa melihat kemajuan negara Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok itu tidak lepas dari pengorganisasian birokrasi yang baik,” pungkasnya. (Mj)

Leave us a Comment