Kuliah Umum Bersama Komisaris Utama Pertamina

Jember, 16 Desember 2013

Ratusan mahasiswa Universitas Jember (Unej) memadati Gedung Soetardjo Unej, Sabtu (14/12). Mereka hadir untuk mengikuti kuliah umum dari Komisaris Utama Pertamina DR. Sugiharto.  Kuliah umum tersebut merupakan rangkaian program dari “Pertamina Mengajar.” Dalam kuliah bertajuk “Ayo Indonesia Mendunia” Sugiharto meyampaikan materi tentang kewirausahaan.

Rektor Unej Drs. Moh. Hasan, M.Sc.,Ph.D. dalam sambutannya merasa sangat senang sekali dengan hadirnya DR. Sugiharto selaku Komisaris Utama Pertamina ketengah ratusan mahasiswa Unej. “Ini merupakan perhatian yang sangat luar biasa dari DR. Sugiharto pada Unej. Karena ditengah kesibukkannya begitu padat masih berkenan untuk hadir memberikan semangat motivasi kepada para mahasiswa Unej,” papar rektor.

Masih menurut rektor, kiprah DR. Sugiharto saat menjadi Menteri BUMN sangat luar biasa sekali dan akan mampu memberikan motivasi bagi para mahasiswa yang hadir. “Kiprahnya sangat besar sekali,terlebih saat menjabat sebagai Menteri BUMN dan ketika memimpin institusi lain, karena beliau mampu merubah instansi tempat beliau mengabdi semakin lebih baik dari sebelumnya,” imbuh rektor. Dipenutup sambutannya rektor menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-56 kepada Pertamina.

Dalam materi yang disampaikannya DR. Sugiharto mengajak para mahasiswa untuk bersikap disiplin karena menurut dia kedisiplinan adalah modal awal dalam meraih kesuksesan. “Kedisiplinan adalah suatu hala yang sangat penting dalam meraih kesuksesan, semakin kita bersikap disiplin maka semakin dekat pula kesuksesan dengan diri kita sering,” paparnya.

Masih menurut Sugiharto, mahasiswa perlu suatu motivasi diri agar selalu memiliki semangat untuk maju. Mahasiswa harus mampu selalu berfikiran maju agar mampu bangkit dari keterbatasan. Sugiharto juga banyak menceritakan pengalaman hidupnya yang menurutnya benar-benar berangkat dari kondisi terpuruk. Namun menurutnya dia berhasil bertahan dan meraih kesuksesan seperti apa yang dia raih pada saat ini.

Kuliah umum ini merupakan bentuk kepedulian yang diberikan oleh Pertamina terhadap pendidikan yang ada di Indonesia pada saat ini dan selanjutnya. “Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Pertamina terhadap dunia pendidikan. Dengan adanya kuliah ini, diharapkan mahasiswa akan memiliki wawasan serta motivasi untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia sesuai slogan Pertamina “Ayo Indonesia Mendunia”, tegas Sugiharto.

Selain memberikan kuliah umum, pihak Pertamina juga melakukan penanaman pohon di lahan yang dikelola oleh Unej. Program penanaman pohon ini merupakan bagian dari gerakan Menabung 100 Juta Pohon oleh Pertamina yang menunjukkan komitmen tinggi Pertamina terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup. (Mj)

Leave us a Comment