Kuliah Umum Bersama Dr. H. Marzuki Alie

 Jember, 13 Februari 2014

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) , Dr. H. Marzuki Alie, SE, MM. memeberikan kuliah umum dihadapan para mahasiswa  Universitas Jember, Selasa (11/2). Kuliah umum yang berlangsung di gedung Soetardjo ini mengusung tema “Entrepreneur Menjawab Tantangan ASEAN Economic Community 2015” dan dihadiri oleh sekitar 800 orang mahasiswa beserta para undangan dari berbagai kalangan.

Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD dalam sambutannya berpesan kepada ratusan mahasiswa yang hadir untuk tidak sekedar menjadi pencari kerja manakala telah lulus. Namun lebih dari itu mahasiswa harus mampu menjadi wirausahawan agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan. “Nanti kalau kalian sudah lulus jangan bercita-cita mendapat kerja tetapi bercita-citalah untuk menciptakan lapangan kerja dan semoga kesuksesan Bapak Dr. Marzuki Alie dapat menjadi inspirasi bagi semua mahsiswa,” ujar Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD.

Kehadiran orang nomor satu DPR-RI tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa untuk hadir. Terlebih materi yang disampaikan merupakan materi yang cukup menarik minat mahasiswa yaitu kewirausahaan. Hadir sekitar pukul 10.15 ke gedung Soetardjo, Dr. H. Marzuki Alie, SE, MM. langsung disambut dengan meriah oleh ratusan mahasiswa yang sudah menunggu sejak jam 09.00 WIB. Mereka pun tidak segan-segan untuk menjabat dan mencium tangan ketua DPR-RI tersebut.

Dalam membuka kuliah umumnya Dr. H. Marzuki Alie, SE, MM. mengajak para mahasiswa untuk berani tampil menjadi seorang Entrepreneur. “Seperti yang disampaikan rektor jangan hanya bercita-cita untuk menjadi seorang PNS karena pintu masuknya sangat sempit jadilah kalian semua seorang pengusaha yang hebat dan sukses” ujarnya.

Menurutnya pintu masuk untuk menjadi seorang PNS sangatlah sempit dan persaingannya sangat ketat sekali. “Bercita-citalah kalian semua untuk menjadi seorang pengusaha karena selain negara memang membutuhkan seorang pengusaha, peluangnya juga sangat terbuka lebar dan menjadi seorang pengusaha itu mulia karena bisa menciptakan lapangan kerja bagi mereka yang mebutuhkan,” imbuhnya

Di ujung acara perkuliahan Marzuki berpesan kepada para peserta perkuliahan untuk mempersiapkan diri menuju ASEAN Economic Community 2015. Menurutnya ada empat hal yang harus dipersipkan oleh para mahasiswa, penguasaan IPTEK, pengalaman organisasi yang baik, membangun jaringan yang luas dan membangun karakter diri. Selain itu universitas selaku lambaga pendidikan tinggi harus mampu merubah mindset para mahasiswa dari konsumtif menjadi produktif, serta mempersiapkan lulusan yang siap berkompetisi minimal di tingkat ASEAN. (Mj)

Leave us a Comment