Kuliah Perdana Mahasiswa Baru Pasca Sarjana 2015

Jember, 31 Agustus 2015

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arief Budiman hadir sebagai pemateri dalam kuliah perdana mahasiswa baru Pasca Sarjana Universitas Jember, (29/8). Dalam kuliah umum yang digelar di gedung Soetardjo dan dihadiri oleh 400 mahasiswa lebih ini mengusung tema “Strategi Mewujudkan Pilkada Yang Berkualitas Dan Berintegritas.”

Dalam pemaparannya Arief Budiman lebih banyak memaparkan strategi Pemilihan Umum Kepala Daerah (PILKADA) yang berkualitas dan berintegritas. Menurutnya, Indonesia telah menetapkan enam ukuran pemilu yang demokratis yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Dalam mengimplementasikan enam asas penyelenggaraan pemilu tersebut, Indonesia pascareformasi telah melakukan sejumlah perbaikan sistem pemilu, tata kelola, dan penegakan hukum pemilu,” ujar pria yang akrab disapa Arierf ini.

Lebih jauh Arief memaparkan, pada pemilu 2014 telah banyak terobosan yang dilakukan KPU untuk menghadirkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas. “Hal itu dilakukan dengan menyasar tiga aspek yakni menata akses informasi publik, menjamin hak konstitusional warga negara, dan menjaga otentisitas suara rakyat,” tuturnya.

Arief menjelaskan upaya perbaikan pemilu untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas telah dilakukan berbagai aspek, sehingga hasil Pemilu 2014 berlangsung tertib, aman, dan lancar. “Publik juga telah menilai kinerja KPU dalam menyelenggarakan pemilu cukup memuaskan dan diharapkan capaian itu dapat mewujudkan pilkada serentak yang lebih baik,” katanya. (Mj)

Leave us a Comment