Kirab Budaya Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Jember, 28 Oktober 2015

Pemuda Indonesia bukan generasi yang lemah, sebagai seorang penerus perjuangan bangsa selayaknya kaum muda harus memiliki daya saing yang tinggi. Pemuda harus mampu menjawab setiap tantangan dan persoalan yang sedang dihapi oleh masyarakat dalam ruang lingkup hidup berbangsa dan bernegara.

Demikian yang disampaikan oleh Rektor Universitas Jember Moh. Hasan saat memberikan sambutan dalam acara apel Sumpah Pemuda di lapangan timur Perpustakaan Universitas Jember, (28/10). Dalam sambutannya rektor menyampaikan, seorang pemuda merupakan calon pemimpin di masa yang akan datang. Oleh karena itu menurutnya, sikap kepemimpinan sudah harus tertanam dalam diri sejak dini.

“Kalian adalah calon pemimpin, berikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia melalui prestasi yang bisa membanggakan baik ditingkat nasional bahkan internasional,” ujar Moh. Hasan di hadapan ratusan mahasiswa peserta apel.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan tari petik kopi dan kirap budaya nusantara. Dalam kirab budaya nusantara ini beberapa mahasiswa perwakilan dari 13 fakultas dan 2 program studi mengenakan pakaian adat berbeda-beda. Mereka berjalan dan berbaris rapi dan kemudian membacakan teks sumpah pemuda dan dikuti oleh seluruh peserta apel.

“Ini adalah wujud dari bhineka tunggal ika yang bersatu hidup rukun, damai tentram dalam keberagaman budaya yang harus senantiasa kita syukuri,” imbuh rektor.

Leave us a Comment