Khamdan Rifa’i : Teologi Choice Kunci Cepatnya Perkembangan Perbankan Syariah

DSC_1273

Jember, 19 Oktober 2017

Khamdan Rifa’i, SE., M.Si pilihan berdasarkan pertimbangan ajaran agama (Teologi Choice) menjadi kunci utama besarnya nasabah BRI Syariah (BRIS) yang berada di Kota Banyuwangi. Masyarakat banyuwangi yang mayoritas Islam berkeyakinan pilihan mereka dalam memilih perbankan syariah menjadi sebuah keharusan. Oleh karenaitu BRI Syariah Banyuwangi begitu cepat berkembang.

Selain faktor agama, promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan BRI Syariah.

“Dari hasil penelitian yang saya lakukan aktifitas promosi yang dilakukan oleh BRI Syariah Banyuwangi dengan melakukan promosi langsung pada masyarakat, menimbulkan rasa puas bagi para nasabahnya,” ujar Khamdan Rifa’i, SE., M.Si dalam ujian terbuka disertasinya pada Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosiak dan Ilmu Politik Universitas Jember yang digelar di aula lantai II FISIP Universitas Jember, (19/10).

Khamdan mengatakan, cara promosi yang dilakukan oleh BRIS Banyuwangi tidak hanya sekedar memanfaatkan media promosi. Namun menurutnya, BRIS banyuwangi juga turun langsung pada masyarakat khususnya pada mereka yang menjadi nasabah BRIS Banyuwangi.

“Salah satu bentuk promosinya dengan melakukan tindakan turun langsung pada nasabah. Hal ini kemudian menimbulkan rasa loyal pada BRI Syariah Banyuwangi, pokok kalau bukan BRI Syariah tidak mau nabung,” imbuh Khamdan

Dalam paparan singkatnya Khamdan menyampaikan, selain promosi kualitas layanan yang diberikan oleh BRI Syariah Banyuwangi juga berperan dalam meningkatkan citra positif bagi BRIS di masyarakat Banyuwangi.

“Kualitas layanan yang diberikan oleh BRI Syariah Banyuwangi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pada BRI Syariah,” imbuhnya Khamdan yang saat ini menjabat sebagai Pembantu Dekan II FEB IAIN Jember ini.