Kenalkan Icon Jember Lewat BOKAR

Jember, 10 Juni 2016

Jember Fashion Carnaval (JFC) telah menjadi salah satu icon kota Jember. Icon yang tidak hanya dikenal di Indonesia, bahka ke mancanegara, Jember identik dengan JFC. Tidak heran jika di setiap perhelatan JFC, Jember kebanjiran wisatawan dalam dan luar negeri. Banyaknya wisatawan yang datang menyaksikan tersebut, membuat mahasiswa Universitas Jember, Desi Febriani dan keempat temannya terinspirasi untuk membuat sebuah produk yang dapat mengembangkan jiwa kreatifitas sekaligus  memberikan peluang dalam berwirausaha.

Desi bersama Riza Nurfadila, Erni Rahayu, Wulan Nitiastuti, dan Imro’atun Rofikah akhirnya  menciptakan sebuah produk kreatif yang diberi nama Boneka Karnaval atau “BOKAR” khas Jember yang kemudian berhasil lolos pada seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan pada Januari 2016 lalu. “Banjirnya jumlah penonton JFC setiap tahunnya membuat kami terinspirasi untuk menciptakan produk kreatif yang bernilai jual tinggi. Dan dari diskusi panjang dalam kelompok, akhirnya terciptalah produk “BOKAR” khas Jember ini,” tutur Desi yang merupakan ketua dari tim produk “BOKAR” tersebut.

Boneka Karnaval “BOKAR”  khas Jember merupakan boneka yang dirancang khusus menyerupai model-model JFC yang memperagakan kostumnya. Boneka dibuat dari kain flannel kemudian dibentuk dengan kostum yang disesuaikan seperti kostum JFC. Untuk proses pembuatan BOKAR sendiri diawali dengan membuat motif dan pola boneka yang diinginkan, kemudian dilanjutkan dengan menjahit pola dan memasukkan isi boneka (dakron) kedalam pola, setelah itu semua pola dijahit kembali dan diakhiri dengan pemberian accessories yang diperlukan seperti manik-manik dan pita.

Riza menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi selama ini berada pada proses pembuatan boneka dikarenakan alat-alat yang digunakan masih manual. Namun, kendala yang dihadapi tidak menyurutkan semangat kelima mahasiswi Fakultas MIPA Universitas Jember tersebut untuk terus berinovasi menciptakan boneka-boneka unik dan lucu. Kini BOKAR sudah mereka pasarkan melalui  media sosial seperti Instagram, facebook, dan blog.

Desi dan keempat anggota timnya berharap kedepannya produk Boneka Karnaval “BOKAR” yang telah mereka produksi akan dapat membuat JFC dan Jember semakin dikenal oleh banyak orang dan menjadi salah satu cinderamata khas Jember yang semakin diminati banyak konsumen. (lid)

Leave us a Comment