Kembangkan Olahraga Tenis, Universitas Jember Gelar Diklat Bagi Pelatih dan Kejuaraan UNEJ Cup IV 2018

Tenis-1_UNEJ-320×240

Jember, 2 Mei 2018

Universitas Jember turut aktif memajukan dan mengembangkan olahraga tenis khususnya di Jember, dan Jawa Timur pada umumnya. Salah satu langkah yang ditempuh adalah menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi pelatih tenis. Kegiatan Diklat mendatangkan pelatih tenis nasional Deddy Prasetyo di Hotel Bintang Mulia dan praktek lapangan tenis PKPSO Jember selama tiga hari (27-29/4). Tidak cukup hanya dengan membekali kemampuan para pelatih tenis, Universitas Jember menggelar kejuaraan tenis UNEJ Cup IV 2018 bagi para petenis muda. Menurut Prof. Sutriono, ketua panitia kegiatan, sebanyak 169 atlet muda turut berlaga di lapangan tenis PKPSO dan lapangan tenis kampus Tegalboto.

Menurut Prof. Sutriono, kegiatan diklat bagi pelatih menekankan pada kesehatan, kelenturan, teknik dan taktik tenis lapangan. “Para peserta diklat tidak hanya mendapatkan materi mengenai kepelatihan dalam tenis lapangan saja seperti metode latihan eksplist dan implisit, tapi kami juga memberikan materi mengenai bagaimana menangani cedera pada atlet tenis dan kedaruratan olahraga yang bekerjasama dengan dua rumah sakit di Jember, Rumah Sakit Rollas Medika dan Rumah Sakit Jember Klinik,” jelas pria yang dosen di Fakultas Pertanian Universitas Jember ini. Tercatat ada 61 pelatih yang ambil bagian dalam kegiatan diklat, mereka berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jabodetabek, Riau hingga Papua.

Sementara itu dalam sambutan pembukaannya, Zulfikar, Wakil Rektor I Universitas Jember mengapresiasi kegiatan diklat kepelatihan dan kejuaraan UNEJ Cup IV yang dilaksanakan oleh para pegiat tenis di kampus Tegalboto dan Jember. Menurutnya kegiatan seperti ini dapat menjadi ajang menambah ilmu bagi pelatih tenis, sementara bagi atlet muda menjadi wahana pembuktian diri setelah menjalani pelatihan. “Universitas Jember konsisten menyelenggarakan UNEJ Cup setiap tahunnya untuk mengembangkan olahraga tenis sekaligus menjaring bibit-bibit atlet muda tenis yang potensial,” ujar Zulfikar.

Prof. Sutriono kemudian menyampaikan terima kasihnya kepada para sponsor, terutama Universitas Jember yang konsisten menyelenggarakan UNEJ Cup di tiap tahunnya. Tampil sebagai juara UNEJ Cup IV 2018, kontingen Pelti Jember yang memboyong 15 medali dengan rincian 5 medali emas, 3 perak dan 7 perunggu. “Hasil yang dicapai dalam UNEJ Cup IV 2018 ini menjadi modal bagi para petenis muda Jember untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur tahun 2019 yang akan diadakan di Gresik,” pungkas Prof. Sutriono. (sutriono/iim)

Blog Attachment