Kemapata dan IKMM Adakan Bhakti Sosial di SDN 03 Klungkung

Kemapata1

Jember, 26 April 2017

Dua paguyuban mahasiswa daerah di Universitas Jember, Keluarga Mahasiswa Panataran Blitar di Jember (Kemapata) dan Ikatan Keluarga Mahasiswa Mojokerto (IKMM), mengadakan  bhakti sosial, tepatnya di SDN Klungkung 03, Kecamatan Sukorambi (22/4). Uniknya, selain memberikan bantuan berupa alat tulis, buku bacaan serta peralatan kebersihan, para mahasiswa juga mengajarkan pembuatan lahan Tanaman Obat Keluarga (Toga) kepada murid SDN Klungkung 03.

Menurut Fazauddiyak, Ketua Kemapata, pemilihan bhakti sosial di SDN Klungkung 03 didasari kenyataan letak sekolah yang cukup jauh dari pusat kota dengan kondisi jalan yang buruk, sehingga mobilitas serta akses siswa dan guru menjadi terbatas. “Alhamdulillah kegiatan yang kami gagas mendapatkan respon positif dari siswa, guru dan masyarakat sekitar sekolah,” tutur Fazauddiyak. Sementara tema yang dipilih untuk kegiatan kali ini adalah Berbagi Inspirasi dan Kasih.

Sementara itu Mario, Ketua IKMM menambahkan, tujuan kegiatan kali ini adalah memberikan wawasan mengenai pentingnya pendidikan bagi siswa-siswi SDN 03 Klungkung. Kemudian memberikan semangat agar tidak putus asa mengejar cita-cita walaupun dilingkupi berbagai keterbatasan. “Intinya kami ingin agar tumbuh inspirasi di hati siswa-siswi SDN 03 Klungkung untuk menuntut ilmu hingga bangku kuliah,” tegas Mario.

Uniknya, pemberian materi disampaikan dengan cara yang menarik dan atraktif, berupa permainan dan dongeng yang dibawakan oleh tokoh utama berupa boneka tangan bernama Mukidi, yang dibawakan oleh Choirul Anwar. Penampilan Mukidi yang menghibur namun sarat makna, ternyata mampu menarik perhatian siswa-siswi, bahkan tak jarang mengundang gelak tawa. Sebelumnya, acara diawali dengan senam pagi bersama yang dilanjutkan dengan pembuatan kebun Toga di halaman sekolah.

“Pembuatan kebun Toga kami pilih karena kebetulan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi Sedunia, selain untuk memberikan edukasi tentang manfaat dan cara mengolah tanaman obat,” kata Fazauddiyak. Tanaman obat yang ditanam antara lain kunyit, jahe merah, temulawak, lengkuas dan tanaman obat lainnya. Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan berupa alat tulis, buku bacaan dan peralatan kebersihan.

Kehadiran mahasiswa kampus Tegalboto di SDN 03 Klungkung mendapatkan apresiasi dari Desianto, sang Kepala Sekolah. “Terima kasih kepada paguyuban Kemapata dan IKMM yang sudah menyisihkan waktu dan tenaganya mengunjungi adik-adiknya di SDN 03 Klungkung. Semoga dapat mendorong prestasi para murid, dan bakal ada siswa-siswi di sini yang mengikuti jejak kuliah di Universitas Jember,” pungkasnya. (*)

Blog Attachment