Keluarga Besar Universitas Jember Kampus Lumajang Rayakan Idul Adha

qurban_kampus_UNEJ_Lumajang-320×240

Lumajang, 4 September 2018

Usai melaksanakan shalat Idul Adha, keluarga besar Diploma 3 Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang yang dimotori oleh pengurus Himpunan Mahasiswa (Hima), menggelar kegiatan penyembelihan hewan qurban. Penyembelihan dilaksanakan di halaman belakang kampus (22/8). Hewan yang disembelih yakni dua ekor sapi, dan dua ekor kambing. Satu sapi dan satu kambing adalah hasil iuran dari beberapa dosen, dan satu sapi serta satu kambing selanjutnya adalah hasil iuran dari mahasiswa.

Dibantu oleh beberapa petugas penyembelihan atau jagal, proses penyembelihan pun berjalan lancar. Dengan bergotong royong, mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan memotong dan menakar pembagian daging agar sama rata. Usai di potong dan ditakar, didapatkan 266 bungkus untuk daging sapi, dan 149 bungkus untuk daging kambing.  Dari jumlah tersebut, daging sapi dan kambing dibagikan ke beberapa tempat misalnya ke panti jompo, panti asuhan, dan beberapa warga yang membutuhkan. Selain daging diberikan kepada lembaga tertentu yang berhak menerima, para mahasiswa, dosen dan karyawan di Universitas Jember Kampus Lumajang juga berinisiatif untuk memberikan daging qurban kepada warga di sekitar rumahnya masing-masing.

Nurul Hayati, Ketua Program Studi Diploma 3 Ilmu Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, menjelaskan selain dalam rangka menjalankan ibadah, moment Idul Adha juga menjadi sarana merekatkan hubungan baik antara kampus dengan masyarakat sekitar. Sementara itu menurut Nazilah Zahroh, salah seorang mahasiswi yang turut membantu penyelenggaraan penyembelihan hewan qurban, ada perbedaan antara Idul Adha tahun ini dengan tahun lalu. “Tahun lalu Universitas Jember Kampus Lumajang hanya menyembelih dua ekor sapi saja, namun dengan bobot yang besar. Sementara tahun ini kami mengelola dua ekor sapi dan dua ekor kambing, tetapi ukurannya tidak seberapa besar,” katanya. (tim Berkarya Lumajang)