Keluarga Besar Universitas Jember Gelar Halal Bi Halal

Jember, 12 Juli 2016.

Hari pertama masuk kerja selepas libur Idul Fitri diisi dengan acara Halal Bi Halal oleh Keluarga Besar Universitas Jember (11/7). Acara rutin tahunan yang diadakan di Gedung Soetardjo ini diikuti oleh segenap pimpinan, dosen dan karyawan, serta purna tugas Kampus Tegalboto. Beberapa mahasiswa juga tampak mengikuti acara. “Halal Bi Halal ini adalah moment spesial karena menjadi wadah untuk menjalin dan memperkuat kembali jalinan silaturrahim,” ujar Moh. Hasan, rektor Universitas Jember, kala memberikan sambutan.

Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan Halal Bi Halal, KH. Abdul Ghoffar, dari Rogojampi, Banyuwangi.  Dalam paparannya mengenai hikmah berpuasa, KH. Abdul Ghoffar menjelaskan jika tujuan utama bagi umat Islam dalam menjalankan puasa adalah membentuk muslim yang bertakwa. “Orang yang bertakwa itu dicirikan dengan tiga hal, pertama suka bersedekah alias dermawan. Kedua adalah mampu menahan emosi dan nafsu. Terakhir dicirikan dengan mau dan mampu memberikan maaf kepada orang lain. Ketiga ciri tadi ditumbuhkembangkan melalui puasa,” papar pengasuh Pondok Pesantren Jabal Rahmah ini.

Oleh karena itu, KH. Abdul Ghoffar mengajak keluarga besar Universitas Jember untuk selalu mempraktekkan ketiga ciri insan bertakwa tadi, walaupun bulan Ramadhan sudah usai. “Syawal artinya juga meningkat, jadi mari kita lanjutkan dan tingkatkan kebiasaan bersedekah, menahan hawa nafsu serta memberikan maaf serta berbagai macam ibadah yang sudah dilatih selama puasa, di bulan-bulan selanjutnya,” katanya.

Kegiatan Halal Bi Halal Keluarga Besar Universitas Jember juga dimeriahkan dengan penampilan kelompok Samroh Al Inabah Dharma Wanita Persatuan Universitas Jember dan kelompok Hadrah Nur Iman Universitas Jember. Rangkaian acara diakhiri dengan makan bersama hidangan ketupat. (iim)

Leave us a Comment