Kasi Bimas Kemenag Lumajang Lulus Program Doktor FISIP Univeritas Jember

IMG_3882-768×512

Jember, 15 Januari 2019

Muhammad Mudhofar Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lumajang resmi menyandang gelar doktor program studi (Prodi) Ilmu Administrasi FISIP Universitas Jember. Mudhofar berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian terbuka program doktornya di aula lantai II FISIP, Selasa (15/1).

Dihadapan para dewan penguji dan penilai yang dipimpin langsung oleh Dekan FISIP Dr. Ardiyanto, Mudhofar mampu mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Tunjangan Kinerja, Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kepemimpinan, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai dan Kinerja Organisasi.”

Dalam desertasinya Mudhofar memilih lokasi penelitiam ditempat dia bekerja. Hal itu dikarenakan pada tahun 2012 lalu menurut hasil audit internal Irjen Kemenag RI, Kantor Kemenag Lumajang mendapatkan nilai 6,7. Selain itu Laporan Akuntabilitas Kinerja (Lakip) tidak terlakasana 100 persen sehingga ada pengembalian anggaran ke kas negara.

“Berdasarkan fenomena itulah kemudian saya tertarik meneliti hal-hal yang terkait dengan produktifitas pegawai dan kinerja organisasi di lingkungan Kemenag Lumajang. Karena menurut saya penting sekali untuk mendapatkan jawaban terkait apa saja yang dapat meningkatkan prestasi kerja pegawai agar tidak terjadi lagi pengembalian anggaran pada kas negara” ujar Mudhofar dalam sesi persentasinya.

Menurut hasil penelitian yang Mudhofar lakukan, pendidikan dan pelatihan yang diberikan kepada pegawai juga memberiakan pengaruh langsung pada prestasi kerja mereka. Namun sayangnya menurut Mudhofar, pemberian pelatihan dan pendidikan kepada pegawai di lingkungan Kemenag Lumajang masih belum merata.

“Tetapi yang saya temui biasanya yang dikirim pada pelatihan ataupun pendidikan orangnya ya itu-itu saja. Akibatnya adalah ketidak merataan prestasi kerja pada semua pegawai. Seharusnya, pelatihan dan pendidikan itu diatur sedemikian rupa sehingga semua pegawai bisa mendapatkannya,” papar Mudhofar.

Setelah melalui sidang para dewan penguji Mudhofar mendapatkan nilai A dengan predikat sangat memuaskan. Atas kelulusannya itu Mudhofar menjadi lulusan ke 28 dalam Program Doktor Ilmu Administrasi FISIP Universitas Jember. (moen)