Kampus Tegalboto Jadi Tujuan Studi Banding Siswa SLTA

Kunjungan-1-MAAlIslamy_UNEJ

Jember, 23 Oktober 2017

            Mendekati masa akhir tahun, ternyata banyak dimanfaatkan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) untuk mengadakan studi banding ke berbagai perguruan tinggi, salah satunya Universitas Jember. Menurut Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember, selama bulan September hingga Oktober 2017 ini hampir tiap minggu pihaknya menerima kedatangan siswa dan guru ke kampus Tegalboto. “Hingga akhir Oktober ini kami sudah menerima kunjungan dari enam sekolah, dari Nganjuk hingga Probolinggo. Bahkan dalam waktu dekat ada dua sekolah lagi yang akan berkunjung, namun masih mencari waktu yang pas,” jelas Agung Purwanto di sela-sela menerima kunjungan dari siswa dan guru SMA Al Fattah, Buduran, Sidoarjo, di aula lantai tiga gedung dr. R. Achmad (23/10).

Kunjungan-1-MAAlIslamy_UNEJ

            Menurut Agung Purwanto, banyaknya kunjungan sekolah ke kampus Tegalboto menunjukkan Universitas Jember makin diminati oleh siswa. Hal ini tidak lepas dari berbagai prestasi dan usaha peningkatan kualitas yang dilakukan oleh Universitas Jember. Peningkatan minat ini tampak salah satunya dari data peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pada tahun 2015, siswa yang memilih Universitas Jember sejumlah 34.295, tahun 2016 naik menjadi 38.569, sementara pada tahun 2017 ini mencapai 40.958 siswa. “Tidak heran jika kemudian banyak sekolah merencanakan mengunjungi Universitas Jember, tujuannya agar para siswanya mengetahui langsung keberadaan kampus Tegalboto. Selain itu kami di Humas dan Protokol mendapatkan apresiasi positif karena memberikan masukan kepada sekolah melalui para guru,” tutur Agung Purwanto.

            Dalam setiap kali kunjungan, para siswa dan guru mendapatkan penjelasan lengkap mengenai Universitas Jember beserta program studi yang tersedia, termasuk jalur masuknya. Beberapa sekolah juga berinisiatif mengunjungi fakultas yang menjadi favorit siswanya. “Dalam setiap kali menerima kunjungan sekolah, kami selalu melibatkan para mahasiswa yang tergabung dalam Duta Kampus. Pelibatan Duta Kampus memberikan daya tarik tersendiri mengingat mereka dapat bercerita langsung mengenai kehidupan mahasiswa kepada para yuniornya,” imbuh Agung Purwanto lagi.

Kunjungan-1-MAAlIslamy_UNEJ

            Sementara itu apresiasi ditunjukkan oleh M. Syaifuddin, guru dari MA Al Islamy, Mojokerto yang berkunjung ke kampus Tegalboto hari Rabu, 11 Oktober lalu. Menurutnya, berkunjung ke kampus Tegalboto tidak hanya memperoleh informasi mengenai kampus saja, namun informasi penting terkait penerimaan mahasiswa baru. “Kami jadi tahu sisik melik dan peta persaingan masuk perguruan tinggi, sehingga kami di MA Al Islamy bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi,” kata M. Syaifuddin. Ketertarikan untuk kuliah di Universitas Jember juga ditunjukkan oleh para siswa yang melakukan studi banding. Misalnya Dimas, siswa SMAN 1 Rejoso, Nganjuk, yang tertarik untuk kuliah di Program Studi Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian. Sedangkan Riza dari SMA Al Fattah lebih tertarik menggali kekhasan Universitas Jember, dibandingkan perguruan tinggi lainnya. (iim)

Blog Attachment