Kala Siswa TK Bermain ke Program Studi Televisi dan Film FIB Universitas Jember

TKRukun_UNEJ-630x330px

Jember, 31 Maret 2017

TKRukun2_UNEJPagi itu Program Studi Televisi dan Film (PSTF), Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember ramai oleh anak-anak, mereka adalah siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) Rukun Harapan Jember (31/3). Gelak tawa diselingi celotehan khas anak kecil menjadikan studio PSTF berbeda dengan hari biasanya. Tamu-tamu cilik ini ternyata ingin tahu apa dan bagaimana sebuah studio dijalankan. Menurut Anggun Puspitarini, Kepala Sekolah TK Rukun Harapan, dirinya tertarik membawa anak didiknya karena selama ini mendengar PSTF FIB Universitas Jember memiliki studio yang lengkap. Harapannya, siswa siswi TK Rukun Harapan dapat mengenal studio tempat acara televisi dibuat.

“Saya sangat excited melihat keberadaan studio PSTF yang dilengkapi peralatan lengkap tak ubahnya studio stasiun televisi profesional,” kata Anggun yang pagi itu ditemani sembilan rekan guru membawa sebanyak 80 anak didiknya. “Bukan hanya kami para guru, anak-anak juga terlihat sangat senang mendapatkan pengalaman baru melihat studio siaran. Selain dikenalkan dengan alat-alat siaran yang ada disini, kami disambut dengan sangat hangat oleh pihak kampus,” lanjut Anggun lagi.

Sementara itu dalam sambutan selamat datangnya, Didik Suharijadi, dosen PSTF yang hadir menemani tamu-tamu cilik mengaku inilah kali pertama PSTF mendapatkan kunjungan dari siswa-siswi TK. “Selama ini sudah banyak pihak yang datang mengadakan kunjungan studi ke PSTF, tapi baru kali ini anak-anak TK yang berkunjung. Semoga dengan adanya kunjungan ini, adik-adik TK Rukun Harapan dapat mendapatkan pengetahuam baru seputar siaran,” katanya. Didik yang dibantu oleh para dosen dan mahasiswa PSTF yang hadir pagi itu memberikan penjelasan mengenai studio dan peralatannya dengan bahasa anak-anak sehingga mudah dipahami.

Selanjutnya siswa-siswi TK Rukun Harapan kemudian dikenalkan dan diajarkan secara langsung bagaimana sebuah acara televisi diproduksi. Tidak hanya mendapatkan penjelasan saja, siswa-siswi TK Rukun Harapan juga unjuk kebolehan sembari di-shooting. Acara siaran dimulai dengan Callista dan Yinyin yang belajar menjadi pemandu acara, dilanjutkan dengan penampilan menyanyikan lagu dalam Bahasa Inggris dan Mandarin, parade fashion, dan juga pembacaan puisi. Tingkah polah polos disertai pembawaan yang ceria saat menampilkan atraksi, membuat seluruh yang hadir pagi itu terhibur. (lid/iim)

Leave us a Comment