Jobfair Sesi II 2014 Universitas Jember

Jember, 13 November 2014

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Jember kembali menggelar kegiatan Jobfair, (12/11). Kegiatan yang digelar  di Gedung Soetardjo Universitas Jember ini merupakan yang ke 2 selama tahun 2014.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini diselenggarakan dalam rangka menjembatani para lulusan Kampus Tegalboto dengan instansi yang membutuhkan lulusan sesuai kompetensi yang dibutuhkan. Ketua LP3 Universitas Jember Prof.Dr. Ir. Tejasari, M.Sc menyampaikan, pada Jobfair kali ini cukup berbeda.

“Jobfair kali ini kami tidak hanya menghadirkan perusahaan-perusahaan besar namun juga diadakan pelatihan penyusunan curriculum vitae yang baik, cara pembuatan surat lamaran, dan teknik wawacanra,” jelasnya. Menurut Prof. Teja begitu sapaan akrabnya, dengan adanya pelatihan tersebut mahasiswa akan diberikan pengetahuan yang bisa menunjang mereka dalam mencari lapangan pekerjaan.

“Mungkin pada jobfair kali ini beberapa diantara mereka tidak lolos seleksi dan itu pasti, namun dengan adanya pelatihan ini pada jobfair yang lain mereka sudah memiliki pengetahuan bagaimana cara menyusun Curriculum Vitae (CV), surat lamaran, dan bagaimana teknik wawancara yang baik,” jelas Prof. Teja.

Prof. Teja menambahkan pada jobfair yang akan berlangsung sampai tanggal 14 November besok ini diikuti oleh 12 perusahaan besar dan dihadiri oleh ratusan pelamar dari alumni Universitas Jember dan universitas lainnya serta masyarakat umum. “Kedepan kita akan melakukan kerjasama dengan jobstreet sehingga perusahaan-perusahaan yang ikut juga semakin beragam,” pungkas Prof. Teja.

Pada hari pertama Job Fair ini telah dikunjungi lebih dari 1000 pencari kerja dari Kabupaten Jember dan sekitarnya. Antrian panjang nampak di depan stand BRI untuk mengisi data lamaran pada system data yang disediakan BRI.  BRI menerima lebih dari 180 pelamar pada hari pertama kemarin. BRI membutuhkan sedikitnya 500 pekerja untuk tiap semester untuk penempatan di wilayah Jawa Timur saja. Sedangkan Bizznet yang menempati posisi di sudut depan sudah menerima 300 pelamar untuk berbagai posisi yang mereka tawarkan. Dua perwakilan Bizznet yang alumni FTP (THP) dan FE (SP) Universitas Jember, sangat bergembira dengan kemungkinan lebih banyak alumni Jember yang akan bergabung dengan mereka di perusahaan komunikasi yang sedang berkembang pesat ini.

Hari kedua (14/11) Indospring akan melakukan test tertulis di Aula Gedung LP3. Hasil test tulis itu yang akan digunakan untuk seleksi bagi test berikutnya yang dilakukan langsung di kantor PT Indospring di Gresik.  Sedangkan Amerta Indah Otsuka akan melakukan test tertulisnya di Gedung Soetarjo yang dilanjutkan dengan wawancara. Saat ini hanya ada dua alumni UNEJ yang bekerja di PT AIO ini, bagian HRD menginginkan lebih banyak alumni UNEJ dapat bergabung di PT AIO.

Suasana Job Fair juga dihangatkan oleh alunan lagu-lagu dari UKM Seni Titik dan minuman hangat serta dingin dari mahasiswa kelas kewirausahaan. Job Fair ini terbuka untuk umum dan bagi mahasiswa Universitas Jember dapat langsung masuk dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa. Dengan mengunjungi Job Fair diharapkan mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar dan lebih mengerti apa yang harus dipersiapkan dalam menghadapi dunia kerja mendatang. (Mj)

Leave us a Comment