Jalan-Jalan Gratis Ke Negeri Sakura

mipa 1

Jember, 3 Oktober 2018

Muhamad Kiki A. Joenata yang biasa disapa Joe mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Jember menjadi wakil Universitas Jember dalam Summer School for Photochemistry di Jepang. Di sana Joe bersama mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia dan Universitas di luar negeri seperti Vietnam, Taiwan beserta negara lain belajar mengenai Photochemistry atau yang lazim disebut fotokimia.

Menurut Joe, fotokimia merupakan salah satu mata kuliah mengenai hubungan cahaya dengan reaksi kimia. Di Jepang, fotokimia di bahas mulai dari dasar sampai penerapan.

“Sayangnya fotokimia ini belum masuk dalam kurikulum kampus. Selama dua hari saya disana kuliah dan praktikum di Graduate School for Science dan Hiroshima University serta 1 hari praktikum di Departement of Chemistry,Jepang.” Ujar Joe.

Tidak hanya kuliah dan praktikum saja disana Joe bersama peserta dari kampus lain juga berkesempatan jalan-jalan ke Hiroshima City dan Miyajima Island. Tidak cukup hanya itu saja, perasaan senang Joe mengikuti Summer School terbayarkan dengan mendapatkan member sakura science dan sertifikat partisipan Summer School of Photochemistry.

“Senang pastinya dapat pengalaman, teman baru dan koneksi dari negara lain. Saya berharap semoga program ini juga bisa diikuti oleh mahasiswa lain dari Universitas Jember untuk menambah wawasan dan pengalaman belajar di luar negeru,” pungkas Joe.