Inspirasi Kaum Muda Untuk Terus Berkarya

Jember, 21 Oktober 2014

photo.phpUsianya yang sudah semakin menua, Imam Soebagio pensiunan Universitas Jember ini tak pernah letih untuk terus berbuat bagi para lansia. Tak ayal, pengabdian yang ditekuninya tersebut mendapatkan kepercayaan meraih penghargaan kategori kesehatan.

Rambutnya sudah mulai memutih, namun langkahnya masih seperti tegap penuh semangat. Dialah Imam soebagio, lelaki yang tekun bergerak di organisasi lansia. Lelaki berkumis tersebut tak percaya jika apa yang dilakukannya bisa memperoleh kepercayaan sebagai peraih Radar Jember Award kategori kesehatan.

Mantan kepala Humas Universitas Jember ini dikenal orang yang berdedikasi tinggi dan tidak mengenal lelah untuk memberikan dukungan kepada para lansia yang ada di Jember. hal itu dilakukan agar lansia menjadi produktif sehat, berguna dan mandiri.

Rasa sosial yang tinggi, sosok yang ramah, murah senyum dan humoris layak menjadi sumber inspirasi bagi kaum muda dan pra-lansia untuk senantiasa menjaga kebugaran kesehatan badan. “Saya mencari dukungan dengan mengumpulkan ballout sendiri dari teman-teman saya, bahkan setiap pagi, keliling menggunakan motor untuk mengambil ballout,” jelasnya.

Menurutnya, jumlah warga Jember sekitar 2,4 Juta dan 240 ribunya adalah para lansia. 20 persen dari mereka adalah pensiunan, sedangkan 20 persennya lagi tidak mendapat tunjangan dari pemerintah. Tak hanya aktif di organisasi lansia, Soebagio juga aktif dalam berbagai organisasi meskipun sudah mencapai usia lanjut. Salah satunya sebagai wakil ketua Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Jember.

Usianya tersebut memberikan inspirasi bagi kaum muda untuk terus berkarya. Sebab, Soebagio juga aktif sebagai sekretaris Perwakilan Yayasan Gerontologi Abiyoso Jember. kemudian, dia juga berperan dalam Forum Komunikasi Karang Wreda Kabupaten Jember sebagai sekretaris. Serta menjadi pengasuh Komunitas Sehat Universitas Jember. bahkan, untuk menciptakan lansia yang produktif, Soebagio juga memiliki kegiatan sebagai Pelatih dan pembimbing praktek Kewirausahaan bagi para lansia sampai saat ini.

Selain itu, semangat untuk berkarya masih dia tuangkan dengan menjadi Pemimpin Redaksi Buletin Gema Lansia. Sehingga, bisa dibilang bahwa Soebagio menepis anggapan bahwa lansia tidak bisa berkarya.

Dari aktifitas yang dilakoninya tersebut, dia meraih berbagai prestasi yang mampu menginspirasi orang lain. Salah satunya adalah Pemrakarsa dan pelaksana “Senam Seribu lansia” 2011 di GOR Jember.

Kemudian, Pemrakarsa dan pelaksana “Senam Seribu lansia” 2012 di Universitas Muhammadiyah Jember. pemrakarsa dan pelaksana “Senam Duaribu lansia’ 2013 di Universitas Jember. serta pemrakarsa dan pelaksana “Senam Tigaribu Lansia” 2014 di Alun-alun Jember.

Berkat segala aktifitas tersebut, Soebagio yang meraih penghargaan Radar Jember Award merasa kaget atas prestasinya tersebut. “Saya kaget ketika mendengar meraih penghargaan ini,” pungkasnya. (Mj)

Leave us a Comment