Humas Konjen Amerika Serikat di Surabaya Kunjungi Kampus Tegalboto

KonjenUSA-1_UNEJ-700×426

Jember, 5 Maret 2018

Christine G. Vaughan, Kepala Humas Konsulat Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya, mengunjungi Kampus Tegalboto (2/3). Kunjungan kali ini dalam rangka mempererat jalinan kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dengan Universitas Jember. Kunjungan Christine G. Vaughan yang siang itu ditemani oleh Indar Juniardi, staf Humas, disambut langsung oleh Prof. M. Sulthon Masyhud, Wakil Rektor  III Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Humas Universitas Jember di ruang kerjanya. Tampak hadir menyambut dari kalangan internal Universitas Jember adalah Zulfikar, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, serta Wachju Subchan, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.

Dalam pemaparannya, Christine G. Vaughan menginformasikan berbagai kesempatan untuk menjalin kerjasama antara Universitas Jember dengan berbagai isntitusi di Amerika Serikat baik institusi pemerintah maupun swasta. Tak lupa dirinya menawarkan kesempatan melanjutkan studi di negara Paman Sam dengan berbagai skema beasiswa baik untuk dosen maupun mahasiswa Universitas Jember. “Banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Amerika Serikat bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia, salah satu yang kami jalankan saat ini adalah program Young Southeast Asian Leader Initiative, program yang berusaha membangun saling pengertian dan pemahaman diantara kalangan muda Amerika Serikat dan di negara-negara ASEAN. Uniknya lokasi program dilakukan di Amerika Serikat dan negara-negara ASEAN,” ujar Christine.

Tawaran ini mendapatkan sambutan hangat dari Universitas Jember, seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor III yang langsung meminta staf International Office yang hadir untuk menindaklanjuti berbagai tawaran kerjasama, khususnya program pertukaran mahasiswa. “Kami di Universitas Jember juga memiliki program pertukaran mahasiswa yang dilakukan secara rutin tiap tahun, baik dilakukan oleh International Office maupun pihak lain. Kami juga akan menseriusi tawaran beasiswa,” jelas M. Sulthon Masyhud. Diskusi lantas berlanjut dengan melibatkan para hadirin dan perwakilan mahasiswa yang turut hadir.

Selain membahas prospek kerjasama, pertemuan kali ini juga dimanfaatkan oleh Humas Konjen Amerika Serikat untuk mendapatkan umpan balik dari Universitas Jember terkait berbagai peristiwa yang terjadi. “Menjadi salah satu tugas kami untuk menggali informasi terkait Indonesia sebagai bahan bagi warga negara Amerika Serikat yang akan berkunjung ke Indonesia. Dari catatan kami banyak lho warga kami yang tertarik mengunjungi Indonesia,” tutur Christine yang selama kunjungannya di Jember berencaa bertemu berbagai pihak ini. (iim)