Himahita Fakultas Pertanian Universitas Jember Tuan Rumah Pertemuan Mahasiswa Ilmu Tanah Se-Indonesia

Jember, 21 Oktober 2016

Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah (Himahita) Universitas Jember), menjadi tuan rumah pertemuan para mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah se-Indonesia. Pertemuan kali ini bertajuk SCIENTIST (Soil Science in Action for Enviromental Sustainability) 2016 yang digelar di Kampus Fakultas Pertanian Kampus Tegalboto. Pertemuan ini terselenggara berkat kerjasama Himahita dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (Fokushimiti). Kegiatan SCIENTIST secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Jember di Aula Fakultas Pertanian Universitas Jember (21/10). Selain diisi dengan kegiatan internal Fokushimiti, acara juga diisi dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah, Soil Judging Contest, Seminar Nasional, dan Soil Trip yang berlangsung pada tanggal 21-23 Oktober 2016.

Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Jember, Marga Mandala, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar pertemuan mahasiswa ilmu tanah seluruh Indonesia dapat menjadi wahanan mengimplementasikan keilmuan, serta menghasilkan inovasi berupa produk-produk yang ramah lingkungan dan juga teknologi yang terkait dengan ilmu tanah yang nantinya bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalaha terkait ilmu tanah di Indonesia.

“Kegiatan SCIENTIST ini merupakan kegiatan untuk unjuk kemampuan dan kompetensi mahasiswa di bidang ilmu tanah. Oleh karenanya, saya berharap dengan adanya acara ini, akan dapat tercipta solusi dan inovasi teknologi yang ramah lingkungan bagi permasalahan terkait ilmu tanah di Indonesia,” tutur Marga Mandala.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali tahun depan agar silaturrahmi dengan seluruh anggota FOKUSHIMITI dapat terus terjaga.  Moh. Hasan menyampaikan dukungannya dan mendorong para mahasiswa agar dapat mengikuti berbagai kegiatan yang dapat berpengaruh pada pengembangan diri dan keilmuan seperti SCIENTIST, sehingga mahasiswa dapat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat dan juga dapat go internasional.

Sementara itu Naufal Nasrullah selaku Ketua Panitia SCIENTIST 2016 menjelaskan jika kegiatan kali ini adalah hasil dari pertemuan nasional Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (FOKUSHIMITI) yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya pada tahun 2015 lalu. “Ini merupakan kehormatan bagi HIMAHITA khususnya, dan Fakultas Pertanian Universitas Jember karena dipercaya menjadi tuan rumah untuk kali pertama,” ujar Naufal. Dalam kepengurusan FOKUSHIMITI, Universitas Jember dipercaya sebagai koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan.

Untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah diikuti oleh beberapa perguruan tinggi dari berbagai penjuru nusantara, diantaranya adalah Universitas Islam Alauddin Makassar, Universitas Tanjung Pura Pontianak, Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Negeri Yogyakarta, dan UPN Yogyakarta.   Sedangkan, untuk Soil Judging Contest diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Semarang. (lid/adel)

Leave us a Comment