Himahi Gelar Seminar Mengungkap Pro dan Kontra Revisi UU ITE

himahi_unej-620×279

Jember, 28 Desember 2016

Himahi (Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember menyelenggarakan seminar nasional dengan tema “Pro-Kontra Dibalik Revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)”. Acara tersebut dilaksanakan di ruang pertemuan lantai 3 Rektorat Universitas Jember (24/12). Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, dihadiri oleh para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Jember.

Seminar menghadirkan tiga orang narasumber yang terdiri dari anggota DPR-RI dari Komisi I, HM. Syaiful Bahri Anshori, komisioner KPI Daerah Jawa Timur, Mochammad Dawud, dan pakar Ilmu Komunikasi yang juga salah seorang dosen jurusan Hubungan Internasional, FISIP Universitas Jember, Muhammad Iqbal, dengan moderator oleh Joko Susilo, yang juga dosen jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Jember. Acara tersebut berjalan aktif, ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang muncul dari para peserta sehingga membuat acara ini semakin hidup.

            Menurut ketua panitia kegiatan, Mustafida Hanny Alhamid, seminar digelar dalam rangka memberikan pemahaman dan sosialisasi revisi UU ITEtahun 2016. “Kami berharap masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa dapat menggunakan media daring di era borderless dengan bijak, serta tetap menjunjung tinggi hukum yang berlaku di Indonesia,” jelasnya.

            Sementara itu HM. Syaiful Bahri Anshori, selaku anggota DPR RI sangat mengapresiasi adanya acaranya ini, menurutnya tema yang diangkat agak lain dari studi Hubungan Internasional pada umumnya, namun penting diketahui oleh khalayak termasuk mahasiswa. Dalam pemaparannya, Syaiful Bahri juga berpesan kepada mahasiswa agar selalu bijak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, salah satunya bijak mengginakan sosial media.

            Seminar kali ini diharapkan dapat terus berlanjut dengan seminar lainnya dengan tema yang berbeda. Pasalnya kegatan seminar yang mengangkat isu-isu terkini dapat memberikan tambahan wawasan dan edukasi untuk mahasiswa. (Himahi FISIP)

Leave us a Comment