Guntur Setiawan Professional Diplomat Indonesia Jebolan Universitas Jember

Jember, 26 Mei 2014

Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember kembali menggelar kuliah tamu (23/5). Kuliah yang digelar di Aula lantai tiga FISIP ini menghadirkan Guntur Setiawan yang saat ini menjabat sebagai Counsellor KBRI di Praha Republik Ceko. Guntur Setiawan merupakan alumni angkatan 91 dari jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Jember yang sengaja hadir untuk memberikan pengetahuan seputar isu-isu internasional saat ini.

Drs. Himawan Bayu P, MA, Ph.D. selaku pembantu dekan II FISIP dalam sambutannya menyampaikan, acara yang mengambil tema “Dari Kampus Tegalboto ke Mancanegara” sengaja digelar untuk memotivasi para mahasiswa. “Sengaja kami hadirkan Guntur Setiawan agar bisa membakar semangat mahasiswa HI bahwa alaumni Unej juga mampu bersaing di dunia internasional,” katanya.

Senada dengan yang disampaikan dengan Pembantu Dekan II FISIP Guntur Setiawan menuturkan, kehadirannya ke kampus Tegalboto sengaja untuk berbagi pengalaman sukses dan memberiakn motivasi kepada para mahasiswa. Dia juga mengatakan cerita pengalamannya sebagai seorang professional Diplomat diahrapakan bisa memberiakan gambaran apa yang akan mereka lakukan setelah lulus kuliah.

“Ini adalah keinginan saya untuk berbagi pengalaman sukses, siapa tau mereka semua akan termotivasi untuk melakukan kelilling dunia gratis bahkan dibayar kerena menjadi seorang utusan Negara sehingga mereka bisa mempersiapkan sejak awal,” ujarnya.

Selain itu dihadapan puluhan peserta, Guntur Setiawan juga berpesan kepada mahasiswa agar mereka juga aktif dalam organisasi.  Menurut Guntur, pengalamannya menjadai seorang aktivis kampus saat masih mahasiswa kini sangat bermanfaat dalam menunjang perjalanan karirnya. Katanya, dari organisasi yang dia ikuti di kampus membuatnya terbiasa dalam menyampaikan pendapat, berorganisasi, dan bagaimana cara memimpin organisasi.

“Jadilah mahasiswa plus dengan aktif di organisasi, dulu saat saya masih di Unej ikut banyak organisasi, paduan suara, olahraga bulu tangkis dan saya juga pernah menjabat sebagai komandan Resimen Mahasiswa kala mahasiswa, dari organisasi itulah saya banyak belajar mengenai kepemimpinan,” imbuhnya.

Kristin salah satu mahasiswa peserta kuliah tamu mengaku senang dengan kegiatan tersebut. Menurutnya, mungkin selama ini dunia luar masih meremehkan lulusan dari Universitas Jember, namun nyatanya banyak juga diantara alumni Universitas Jember yang mampu bersaing hingga mancanegara.

“Ternyata Alumni Unej khususnya Hubungan Internasional juga mampu menembus mancanegara dengan menjadi orang ke dua di kedutaan besar Indonesia yang ada di benua Eropa dan mampu mengaharumkan nama Indonesia,” ujarnya.

Kristin menambahkan, melalaui adanya kuliah tamu tersebut membuat dirinya beserta teman-teman yang lain semakin mengerti apa saja yang bisa dilakukan sejak sekarang terutama apa bila ingin masuk di kementrian luar negeri. Sehingga menurutnya dia semakin banyak memiliki kesempatan yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan semuanya lebih awal. (Mj)

Leave us a Comment