Garin Nugroho Akan Hadir Jadi Pembicara dalam Seminar Perfilman Indonesia

Jember, 29 Oktober 2014

10748635_891885014158138_347740398_nFakultas Sastra Universitas Jember akan mengadakan seminar perfilman Indonesia dengan tema Peluang dan Tantangan Perfilman Indonesia Sebagai Industri Kreatif di Era Digital dan Pengaruh Kapitalisme Global yang dipastikan akan dilaksanakan pada hari Kamis 30 Oktober 2014 pukul 13.00 WIB di Ruang Aula Fakultas Sastra Universitas Jember.  Hadir sebagai pemateri seminar adalah Garin Nugroho sutradara dengan reputasi internasional yang menghasilkan karya-karya film festival berskala nasional maupun internasional seperti Daun di Atas Bantal, Opera Jawa, dan Soegija. Selain Garin Nugroho juga akan hadir Guru Besar Antropologi Visual Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Prof. Dr. PM. Laksono, M.A.

Kegiatan seminar dengan mendatangkan Garin Nugroho dan Prof. Dr. PM. Laksono, M.A. bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dari para ahli perfilman yang berkompeten. Dengan adanya seminar akan lebih memberikan bekal pengetahuan untuk mendukung daya kritis mahasiswa dalam berkreasi sebagai sebuah produk industri kreatif di era digital. Selan juga untuk membangun iklim akademik terkait dengan dunia media, khususnya perfilman Indonesia untuk kepentingan peningkatan keterampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan dalam bidang perfilman bagi para dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Sastra Universitas Jember. “Seminar ini juga sebagai sarana promosi program studi televisi dan film kepada publik serta strategi membangun jaringan dengan para ahli bidang perfilman Indonesia untuk memperkuat keahlian tidak saja bagi mahasiswa melainkan juga bagi dosen-dosen.” Jelas Fajar Aji, S.Sn,M.Sn. selaku ketua panitia seminar yang juga dosen di Program Studi Televisi dan Film (PSTF).

Selain kegiatan seminar, Garin Nugroho pada malam harinya juga akan bertemu dengan komunitas film dan seni di Jember dibarengkan dengan kegiatan mahasiswa Layar Kemisan yang agenda malam tanggal 30 Oktober 2014 adalah pemutaran film karya para sineas Jember (BAK).

Leave us a Comment