FTP Kembali Dipercaya Kelola Program Training Berskala International

Jember, 23 Mei 2016

Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember untuk yang kesekian kalinya telah dipercaya oleh AIT (Asean Institute of Technology) Extension’s Profesional Thailand untuk mengelola dan melayani program training bertaraf internasional. Pada Batch 2 di tahun 2016 ini mengusung topik “Financial Analysis, Planning, Modeling and Forecasting”  for Gas Industry.

“Training ini bertujuan untuk memberikan pandangan yang komprehenship tentang financial analysis, planning, modeling and forecasting baik secara teori maupun praktek khususnya untuk bidang industri minyak dan gas termasuk di dalamnya adalah aspek-aspek teknis dari transmisi dan distribusi gas,” ujar Dr. Yuli Witono Dekan FTP.

Menurut Yuli Witono dengan adanya training ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai analisis keuangan, planning, modeling dan forecasting melalui pengujian spesifik industri terkini. Menurutnya, taining kali ini sedikit berbeda dengan tema yang sangat menantan.

“Oleh karena itu pihak FTP menggandeng para resouces person yang kompeten khususnya di bidang menajemen keuangan, yakni dengan menggandeng narasumber dari Fakultas Ekonomi UNEJ, praktisi dari OJK dan praktisi dari perusahaan terkait,” papar Yuli.

Yuli menambahkan, training ini merupakan program lanjutan dari program yang telah disepakati melalui Memorandum of Agreement (MoA) antara FTP Universitas Jember dengan AIT Thailand yang telah dilakukan sejak tahun 2013 yang lalu. Dari MoA itu kemudian Fakultas Teknologi Pertanian dipercaya sebagai patner dari Asian Institute of Technology Thailand dalam menyelenggarakan berbagai training yang diselenggarakan di Indonesia.

“Tahun sebelumnya program training yang dilayani adalah tentang Leadership and Management Skills untuk peserta dari Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral, PetroBangla, Titas Gas and Distribution Ltd. Banglades dan beberapa training internasional lain dengan menggandeng pakar disaster management di lingkungan UNEJ, BPBD (Badan Penanggulangan Daerah Yogyakarya dan sekaligus case study di Yogyakarta,” pungkasnya.

Sementara itu Profesor Fazle Karim selaku Head dari IT and Engineering Unit of AIT extension Thailand dalam sambutan pembukaannya menyatakan, “AIT’s Extension Profesional sangat berterima kasih dan mengapresiasi kinerja yang memuaskan tim-tim pelaksana lapang dari FTP. Fazle mengaku senang karena Dr. Yuli Witono selauk selaku leader dan penanggung jawab kegiatan selalu merespon setiap program dan komunikasi dengan cepat dan memuaskan.

Sementara itu Mr. Shamim Hasan dari Titas Gas and Distribution Ltd Banglades yang sekaligus ketua delegasi menyatakan hal yang sama. Dirinya mengaku sangat senang dan merasa mendapatkan tambahan ilmu dan banyak pengalaman baru yang diberikan selama di kelas yang dilaksanakan secara interaktif dan kunjungan bersama penyelenggar. Menurutnya pengalaman dan pengetahuan praktis tentang resources person sangat mudah diterima dan tentu sangat berguna untuk dipraktekan di perusahaan kami bila nanti sudah kembali.

Nita Kuswardhani P.I.C. (Person in Charge) dari FTP mengatakan, format training yang dilaksanakan mulai tanggal 16 s/d 27 Mei 2016 ini sudah disiapkan dengan matang. Formatnya seimbang antara kegiatan di kelas dan kunjungan lapang ke berbagai perusahaan terkait baik instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta.

“Walau awalnya sempat menghadapi kendala untuk mengurus perijinan kunjungan lapang, tetapi kebanyakan stake holders menyambut dengan baik dan sangat membantu” ujarnya.

Sedangkan Mr. Nabeel selaku P.I.C. dari pihak AIT menambahkan bahwa kepuasan para mitra kerja dan peserta harus bisa dijamin, materi-materi yang disampaikan harus implentatif. Pihak FTP perlu terus membangun network baru dalam mempersiapkan layanan-layanan training program selanjutnya. (Yul/moon)

Leave us a Comment