FTP KELOLA PROGRAM KERJASAMA TRAINING BERKELAS DUNIA

Jember, 21 April 2015

Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UNEJ) tidak cukup hanya berbangga hati mengirim stafnya menjadi peserta training (trainee) di luar negeri.  tetapi kali ini melalui pendekatan service agreement, FTP UNEJ telah dipercaya oleh AIT (Asean Institute of Technology) Extension’s Profesional, Thailand untuk mengelola dan melayani program training bertaraf internasional dengan peserta dari berbagai negara.

Sebelumnya beberapa staf dosen secara sporadis sering diundang sebagai instruktur, tetapi Dr. Yuli Witono, S.TP., MP. Dekan FTP UNEJ telah mencermati dan menagkap bahwa layanan program training bertaraf internasional ini menurutnya semakin prospektif, sehingga melalui berbagai lini, akses dan track record para staf yang sudah menunjukkan kompetensi sebagai instruktur kelas dunia, maka FTP UNEJ telah mendapat kepercayaan untuk mengelola dan melayani program training tersebut.

Program yang telah disepakati melalui Memorandum of Agreement (MoA) antara FTP UNEJ dengan AIT Thailand telah disiapkan sejak sekitar setengah tahun yang lalu. Layanan training pertama adalah tentang Leadership and Management Skills untuk peserta dari Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral, PetroBangla, Titas Gas and Distribution Ltd. Banglades. Menurut Dr. Nita Kuswardhani, S.TP., M.Eng, bahwa para peserta yang sekarang ini kebanyakan adalah para pimpinan atau manajer di tingkat kementrian dan kalau di Indonesia adalah Pertaminanya.

Yuli Witono menekankan bahwa kesempatan seperti ini tidak datang tiba-tiba, tetapi sudah dirintis sejak lama melalui berbagai cara yang elegan dan prinsip kesetaraan, selain banyak staf FTP UNEJ yang merupakan alumni dari AIT, tetapi juga kerjasama akademik yang telah berlangsung sangat lama serta track record para staf yang pernah dipanggil sebagai instruktur telah menunjukkan kinerja yang membanggakan dan bisa dipercaya oleh pihak AIT. Terakhir kunjungan Dekan FTP UNEJ Dr. Yuli Witono dan tim sekitar bulan Juni tahun 2013 juga semakin mengukuhkan rencana-rencana produktif kedepannya.

Mr. Sangkar Kumar Das salah satu manajer dari PetroBangla yang sekaligus ketua officials menyatakan kegembiraan akhirnya bisa datang di Indonesia, program yang sudah lama direncanakan akhirnya terealisasi. Terlebih melihat program yang telah ditawarkan dan diimplementasi di lapang sangat excellent, para pemateri yang ditugaskan walau datang dari kampus tetapi mereka adalah orang-orang pilihan, kompetens dan punya pengalaman praktis untuk di-sharekan. Walau para instruktur adalah orang-orang kampus, tetapi ternyata tidak mengecewakan, bahkan banyak pengalaman dan pengetahuan praktis tentang kepemimpinan dan manajerial yang mereka sampaikan sangat mudah diterima dan tentu sangat berguna untuk dipraktekan di perusahaan masing-masing.

Menurut Idah Adriyani yang juga selaku P.I.C. (Person in Charge), format training yang dilaksanakan mulai tanggal 20 April s/d 1 Mei 2015 ini telah disusun secara matang dan seimbang antara kegiatan di kelas dan kunjungan lapang ke berbagai perusahaan terkait baik instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta. Memang pada awalnya, kami sempat menghadapi kendala untuk mengurus perijinan kunjungan lapang, tetapi akhirnya kebanyakan stake holders sangat welcome dan malah senang bila instansinya bisa menjadi percontohan bagi institusi lain terlebih institusi luar negeri.

Yuli Witono menambahkan bila tawaran-tawaran kerjasama training sudah di depan mata. Selanjutnya kita akan fokus untuk terus meningkatkan kompetensi SDM para trainer, sistem pengeloaan dan pelayanannya. Beberapa negara sudah mendafar melalui AIT extension’s profesional dan melalui P.I.C. yang di FTP UNEJ.

Kepuasan partner dan customer harus bisa dijamin, materi-materi yang disampaikan harus implentatif, karena kalau tidak ada jaminan, maka jangan ditanya bila para pengguna akan meninggalkan kita. Bahkan kita sedang bersiap-siap untuk menggandeng stake holders lain baik instansi pemerintahan, perguruan tinggi lain maupun perusahaan swasta yang kredibel untuk pelayanan program ini. Kita tidak boleh ragu-ragu untuk bekerjasama dengan banyak pihak untuk menjamin mutu kegiatan training profesional ini. (Yl/Mj)

Leave us a Comment