Forum Diskusi Kerjasama Selatan-Selatan Dan Triangular

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) gelar forum diskusi bersama Kementrian Luar Negeri, (3/6). Dalam acara yang mengusung tema “Upaya Pemanfaatan Kerjasama Selatan-Selatan Dan Triangular  Dalam Meningkatkan Perekonomian Nasional” menghadirkan pembicara M. Hery Saripudin, MA selaku Plt. Sekretaris BPPK Kementerian Luar Negeri.

Rektor Universitas Jember Moh. Hasan dalam pembukaannya memberikan apresiasi yang tinggi pada panitia pelaksana. Karena menurutnya, forum diskusi yang membahas mengenai isu-isu kerjasama luar negeri merupakan isu yang sangat bagus untuk terus dilakukan. “Ini bahasan yang sangat menarik karena bagi setiap negara tidak mungkin bisa berdiri sendiri tanpa adanya kerjasama dengan negara lain,” ujarnya.

Hasan juga mengatakan, negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi sangat besar. “Namun jika potensi itu tidak dikembangkan melalui berbagai kerjasama seperti halnya Asia-Afrika, kerjasama Selatan-Selatan dan kerjasama bidang lainnya maka potensi itu tidak akan maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu ketua jurusan Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Jember Drs. Bagus Sigit Sunarko, M.Si.,Ph.D, mengatakan, forum diskusi adalah bagian dari upaya yang dilakukan untuk mencari alternatif-alternatif kerjasama internasional.

“Karena sampai saat ini masih banyak terdapat tantangan dalam mewujudkan program kerjasama selatan-sleatam triangular yang bermanfaat bagi peningkatan perekonomian nasional,” ujarnya. Menurut pria yang akrab disapa Sigit ini, forum diskusi ini bertujuan untuk saling bertukar pandangan dan ide yang akan dimanfaatkan untuk menyusun bahan masukan terkait pelaksanaan kerjasama selatan-selatan triangular.

Sigit menjelaskan, kerja sama selatan-selatan merupakan kerjasama yang terbentuk dari rasa solidaritas di antara negara-negara berkembang. “Ini adalah kerjasama yang strategis untuk membangun kemitraan bersama negara berkembang lain, guna merespon tantangan global dalam hal peningkatan pembangunan ekonomi,” jelas Sigit.

Acara forum diskusi ini digelar di aula lantai II FISIP dan diikuti oleh 100 peserta undangan yang terdiri dari pejabat Kemlu RI, Kementrian/Lembaga terkait, pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, dan stakeholders dan mahasiswa.

1 Comment

  • Pembicara Internet Marketing
    Reply

    Oooo, githu toh caranya. dasar saya emang GAPTEK. Tepok jidat. Malu, tutup muka dalam Mukena aja akh… dasar aku ndesooo

Leave us a Comment