Fokus Kembangkan Penelitian Kopi, FTP Universitas Jember Gandeng KCAC Juga Jalin Kerjasama Dengan Jeonju University

Jember, 4 Juli 2014

Kopi merupakan salah satu tanaman perkebunan yang memiliki potensi bisnis besar tingkat dunia, dan dalam peta produsen kopi, Jember adalah salah satu daerah penghasil kopi yang cukup besar di Indonesia. Keberadaan perkebunan kopi di Jember tentu tidak bisa dilepaskan dari adanya Universitas Jember yang memiliki ahli-ahli dibidang tanaman kopi. Demikian penuturan Prof. Kim Dae Chul selaku perwakilan delegasi dari Korea Coffee Academy Council (KCAC) disela-sela kunjungannya ke Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember, (3/7).

Prof. Kim Dae Chul menyampaikan, tujuan kunjungannnya kali ini adalah untuk menandatangani naskah kerjasama antara KCAC dengan FTP Universitas Jember. Menurutnya, kerjasama ini meliputi studi pengembangan penelitian tanaman kopi dari hulu hingga ke hilir. Prof. Kim Dae Chul menambahkan, Universitas Jember yang memiliki kedekatan dengan perkebunan kopi akan berperan dibidang budi daya, sedangkan pihak KCAC akan berperan bidang proses pasca panen dan pemasaran.

Sementara itu Dekan FTP Universitas Jember, Dr. Yuli Witono STP., M.P menyambut gembira jalinan kerja sama ini, apalagi hari itu FTP tidak hanya menjalin kerja sama dengan KCAC saja, namun sekaligus menandatangani MoA dengan Jeonju University Korea Selatan di bidang pertukaran mahasiswa. “Ada dua MoA yang kita tanda tangani pada kesempatan ini, dengan pihak Jeonju University terkait dengan pertukaran mahasiswa dan dengan KCAC terkait dengan pengembangan keilmuan tentang tanaman kopi dari hulu ke hilir,” ujar Dr. Yuli Witono STP.,M.P

Dr. Yuli Witono kemudian menjelaskan bahwa kerjasama dengan pihak KCAC lebih kepada pengembangan keilmuan dimana akan dibentuk studi bersama seputar kopi baik di FTP Unej ataupun di Korea. Menurutnya, pihak FTP Universitas Jember memberikan kontribusi berupa membimbing pihak KCAC dalam hal budidaya tanaman kopi, sebaliknya pihak KCAC pada bidang pasca panen, produksi dan pemasaran kopi. “Ini merupakan pembelajaran bersama, dimana 60% kegiatan dilakukan di FTP Universitas Jember terkait dengan pembudidayaan, sedangkan 40% sisanya dilakukan di Korea Selatan menyangkut aspek proses produksi dan pemasaran. Kerjasama ini adalah usaha untuk menjadikan Universitas Jember sebagai pusat penelitian kopi,” imbuh Dr. Yuli Witono.

Sedangkan terkait kerja sama dengan Jeonju University, Dr. Yuli Witono menegaskan kerja sama pertukaran mahasiswa merupakan amanah dari pihak Universitas Jember untuk terus memperbanyak dan mengembangkan jaringan internasional dengan berbagai pihak. Hadir sebagai perwakilan dari Jeongju University dalam acara MoA Prof. Ji-Eung Kim, Ph.D.

“Ini merupakan kali ke tiga kami menjalin kerja sama pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi di Korea Selatan. Beberapa saat lalu kami telah mengirimkan mahasiswa ke KNU sebelumnya kami baru saja mengirimkan mahasiswa ke Kyung Pook National University,” pungkasnya. (Mj/Iim)

Leave us a Comment