FMIPA Universitas Jember Gelar International Basic Science Conference

Jember, 26 September 2016

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menggelar The First International Basic Science Conference (IBSC) 2016 di Kampus Tegalboto. Konferensi dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan, di aula lantai tiga gedung Rektorat (26/9). Konferensi internasional yang mempertemukan para pakar di bidang basic science atau ilmu-ilmu dasar ini diikuti oleh 229 peneliti yang menyajikan 215 makalah, dan 14 paparan penelitian berbentuk poster. Selama dua hari (26-27/9), para peserta yang berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, bahkan dari luar negeri, akan bertukar pengalaman dan berdiskusi mengenai penelitian yang telah dilakukan.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Universitas Jember mengapresiasi inisiatif FMIPA untuk menggelar konferensi yang mempertemukan para pakar basic science dari Indonesia dan luar negeri. Pasalnya, pertemuan seperti kali ini dapat menjadi wahana bagi para peneliti untuk saling tukar pengalaman dan diharapkan menjadi awal untuk menjalin kolaborasi penelitian yang lebih luas lagi. “Sebagaimana kita tahu, anggaran untuk riset di bidang ilmu-ilmu dasar di Indonesia masih minim, padahal riset di bidang ilmu dasar banyak menghasilkan temuan penting, dan menjadi pendorong kemajuan di bidang lain semisal pertanian, kedokteran, teknik dan lainnya. Semoga konferensi ini akan menjadi awal yang baik untuk membuka kerjasama penelitian di antara para peserta,” ujar Moh. Hasan, yang juga dosen di jurusan Matematika ini.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan, Agung Cahyo Nugroho, menjelaskan konferensi kali ini mengusung tema Towards the extended use of basic science for enhancing health, environmental, energy and biotechnology. “Penelitian-penelitian yang dipaparkan dalam konferensi ini merupakan penelitian yang diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi bagi permasalahan dunia di bidang kesehatan, lingkungan, energi dan bioteknologi,” kata Agung. Pelaksanaan konferensi mengenai ilmu-ilmu dasar yang dimotori oleh FMIPA juga ditujukan untuk memperkuat posisi Kampus Tegalboto sebagai perguruan tinggi yang telah ditunjuk oleh Kemenristekdikti sebagai perguruan tinggi pusat unggulan bioteknologi.

Di hari pertama pelaksanaan konferensi (26/9) hadir pembicara utama adalah pakar Fisika dari School of Physicals Sciences of Jawaharlal Nehru University, India, Prof. Ram Ramaswamy , Ph.D bersama pakar Kimia, Prof. Manabu Abe dari Hiroshima University, pakar Biologi Dr. Mulyoto Pangestu dari Monash University, serta pakar Biokimia dari ITB, Prof. D.Sc. Zeily Nurachman. Sementara di hari kedua, yang akan menjadi pembicara utama adalah pakar matematika dari La Trobe University, Prof. Agus Salim, Ph.D., ahli Biologi dari Laboratory Animal Sciences, University of Zurich, Switzerland, Dr. Sabine Spactch, dan pakar bioteknologi dari Universitas Jember, Prof. Bambang Sugiharto. (iim)

Leave us a Comment