FKM Gelar Pengalaman Belajar Lapangan Bersama RS Bina Sehat

Jember, 10 April 2014

Kepanikan tampak di wajah 156 mahasiswa semester VI Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM Unej) saat pembukaan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) di aula RS Bina Sehat Jember, Selasa (1/4) lalu. Ini karena gedung tempat mereka melaksanakan kegiatan tersebut mendadak terbakar dan mengeluarkan asap disertai suara ledakan. sontak, hampir semua mahasiswa yang hadir berusaha menyelamatkan diri melalui jalur evakuasi yang tersedia. Namun terlihat, ada salah seorang peserta dengan sigap bergegas mematikan panel listrik auola dan peserta lain mengam bil APAR (Alat Pemadam Api Ringan) untuk memadamkan api.

Rupanya, banyak mahasiswa tidak menyadari jika semua itu hanya simulasi penanganan kebakaran yang diperagakan tim RS Bina Sehat Jember. Simulasi tersebut untuk memberi pengalaman belajar lapangan K3 bagi para mahasiswa yang mengikuti PBL di RS Bina Sehat. Setelah mahasiswa sadar bahwa itu hanya sekadar simulasi, kepanikan berganti dengan tawa riang. Kegiatan ini dikemas secara unik dan menarik adalah pengalaman belajar lapangan yang paling meriah yang pernah dilaksanakan,” ujar dr. Isa Ma’arufi SKM M.Kes, coordinator PBL I FKM Unej.

Menurut Isa, selain disuguhi acara pembukaan aksi K3 yang cukup mendebarkan, saat jeda pergantian materi juga ditampilkan senam dan joget cuci tangan dengan 6 langkah benar melalui joget CT ini,” jelasnya. Ditambahkannya, tiga materi yang dipaparkan sangat berbobot dan sesuai kebutuhan mahasiswa. Terutama materi tentang entrepreneurship yang disampaikan sendiri oleh Direktur RS Bina Sehat (RSBS) dr Faida memicu motivasi mahasiswa dalam mengembangtkan wirausaha, khususnya di bidang kesehatan,”tegasnya.

Dekan FKM Unej Drs Husni Abdul Gani MS menyampaikan sinergi antara FKM Unej dan RSBS akan terus ditingkatkan. Baik itu dalam kegiatan PBL, maupun kegiatan lain seperti magang mahasiswa, rekruitmen alumni, relawan aksi social, serta kegiatan lain. Terpisah, dr Faida MMR, direktur Rumah Sakit Bina Sehat Jember menyampaikan, peran mahasiswa FKM di dunia kesehatan masyarakat sangat penting. Di RS Bina Sehat, kata dia, alumni FKM berperan penting di unit-unit pelayanan RS seperti pelaporan RS,K3, kesehatan lingkungan, pembiayaan kesehatan dan PKMRS (Penyuluhan Kesehatan Masyarakat Rumah Sakit). (Nv/Mj)

1 Comment

  • dalia
    Reply

    informasi yang menarik

Leave us a Comment