FH Dukung Pengembangan Produk Halal Indonesia

Jember, 21 Desember 2015

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan, perguruan tinggi harus mulai mengambil peran aktif dalam mengembangkan produk-produk halal di Indonesia. Peran itu bisa berupa sosialisasi kepada masyarakat ataupun memberikan pendampingan kepada masyarakat mengenai pentingnya sertifikasi hala dalam produk.

“Saat ini tren halal dan ekonomi syariah mulai bangkit, ini harus disikapi secara serius oleh semua pihak tidak terkecuali perguruan tinggi termasuk Universitas Jember,” papar KH Ma’ruf Amin dalam acara seminar dan lokakarya yang digelar di aula Fakultas Hukum dengan tema “Dilema Jaminan Produk Halal Bagi Industri Kecil Menghadapi MEA,” (18/12).

 KH Ma’ruf Amin menyampaikan, uapaya sertifikasi halal dalam rangka melindungi masyarakat dari makanan ataupun materi yang tidak layak dikonsumsi menurut agama. “Jelas sekali di dalam Al-Quran sudah disebutkan yang halal dan yang haram dan kita khususnya umat Islam wajib hukumnya untuk meningglkan yang haram,” imbuhnya.

KH Ma’ruf Amin menambahkan, saat ini sudah mulai ada aturan yang jelas dan disahkan dalam Undang-Undang Jaminan Produk Halal. Dirinya berharap,perguruan tinggi bisa mengambil langkah strategis dalam hal memberikan edukasi kepada masyarakat maupun pendampingan terkait implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal tersebut.

“Sekarang kan sudah ada Undang – undangnya mari kita kawal bersama, supaya produk yang dihasilkan oleh masyarakat dalam hal ini UKM bisa memiliki label Halal karena minat masyarakat dunia terhadap produk berlabel hala mulai meningkat tentu ini adalah suatu peluang besar bagi kita,” imbuhnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Dr. Nurul Ghufron, S.H., M.H. mengatakan, selama ini Fakultas Hukum selalu memberikan perhatian kepada Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam hal sosialisasi dan pendampingan produk halal.

“Kami juga memiliki sentra Halal yang baru saja kami launching dan kami juga telah menandatangani kerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia dalam hal penyelenggaraan pengembangan produk Halal,” ujarnya.

Leave us a Comment