FEB Dan APSMBI Bersinergi

semnas-manajemen_UNEJ-1024×681

Jember, 8 Oktober 2018

Dr. Drs. Zainuri, M.Si Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) mengatakan, sinergi antara Aliansi Program Studi Manajemen dan Bisnis Indonesia (APSMBI) dalam menunjang proses akademik di FEB Universitas Jember sangat dibutuhkan. Kerena menurutnya, APSMBI dapat membantu Program Studi (Prodi) manajemen dalam meningkatkan kuailitas dosen dan mahasiswa di FEB.

Hal itu disampaikan dalam acara pembukaan Sidang Pleno APSMBI dan Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis yang digelar oleh Program Studi Manajemen FEB Universitas Jember di aula Hotel Dafam Jember, (5/10).

“Tentunya APSMBI sangat membantu dalam meningkatkan produktifitas para dosen dalam menulis artikel ilmiah baik secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini kemudian akan berdampak positif pada akreditasi program studi manajemen yang ada di Universitas Jember,” ujar Zainuri.

Dalam kesempatann itu Zainuri  mengatakan, peran aliannsi keilmuan ini dapat mengawal arah dan fokus dari sebuah program studi dalam mengembangkan akademik khususnya program studi Manajemen.

“Seharusnya dalam melakukan penelitian itu seorang dosen harus fokus pada suatu bidang tertentu. Namun pada kenyataannya saat ini kita masih belum memiliki fokus yang jelas sehingga semua ingin diteliti. Oleh karena itu adanya sinergi dengan APSMBI dapat membantu untuk menemukan arah dan fokus penelitian Prodi Manajemen kedepan,” imbuh Zainuri.

Senada dengan yang dikatakan Zainuri, Kaprodi Manajemen FEB Universitas Jember Dr. Ika Barokah Suryaningsih, S.E, M.M mengatakan untuk mendukung proses akademik di lingkungan FEB Universitas Jember dirinya bersama 29 Kaprodi Manajemen dari 12 propinsi melakukan penandatanganan MoA.

“Pada kesempatan ini kita juga melakukan pakta kerja sama dengan seluruh Kaprodi anggota APSMBI dalam bentuk tri dharma perguruan tinggi. Mulai dari penelitian bersama, pengabadian kepada masyarakat, serta membahas RPP dan RPS yang kemudian keduanya diakreditasi oleh asosiasi APSMBI” ujar Ika.

Ika berharap melalui kerjasama antar Kaprodi ini akan mendorong bagi para dosen dan mahasiswa agar semakin produktif dalam meningkatkan kualitas keilmuan. Karena dalam kerjasama ini sangat dimungkinkan dilakuan pertukaran dosen dan mahasiswa.

“Tidak hanya pertukaran dosen dan mahasiswa saja. Kami berharap MoA yang sudah ditanda tangani juga dapat memunculkan kerjasama dibidang penelitian ditingkat program studi khususnya program studi manajemen,” pungkas Ika