Faperta Menjadi Pelopor Gerakan Green And Clean Campus

gowes_unej-630x330px

Jember, 21 April 2017

Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Jember menjadi pelopor dalam gerakan green and clean campus dilingkungan Universitas Jember yang telah dicanangkan oleh Rektor Universitas Jember 2015 lalu. Hal itu diwujudkan dengan diselenggarakannya launching Faperta Go Green and Clean Campus di halaman depan Fakultas Pertanian, (21/4). Dalam acara yang dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jember ini para pimpinan beserta staf diajak berkeliling lingkungan Universitas Jember dengan mengayuh sepeda pancal yang telah disediakan oleh panitia.  Tidak kurang dari 50 sepeda ikut meramaikan kampanye ramah lingkungan ini.

“Saya sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Faperta pada pagi ini. Ini adalah wujud nyata yang dilakukan dalam mengurangi polusi yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan bermotor termasuk yang ada di lingkungan Universitas Jember,” ujar Moh. Hasan Rektor Universitas Jember saat memberikan sambutan.

Dalam sambutan singkatnya itu, rektor menghimbau kepada seluruh fakultas dan unit kerja yang berada di lingkungan Universitas Jember untuk turut mendukung terwujudnya green and clean campus di Universitas Jember.

“Yang pasti green and clean campus ini sudah sejak lama kita canangkan bersama. Kami menghimbau kepada seluruh unit kerja untuk mulai berfikir bersama dalam mewujudkannya. Mungkin nantinya akan ada agenda rutin bersepeda bersama atau satu hari dalam seminggu kampus kita bebas dari kendaraan bermotor,” ujar rektor.

Rektor mengaku, selama ini dalam melakukan aktivitas di lingkungan kampus dirinya lebih suka berjalan kaki. Karena menurutnya, selain menyehatkan hal itu tentunya sedikit mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

“Misalnya ada kegiatan di fakultas, selama kegiatannya tidak terburu-buru saya lebih suka jalan kaki. Karena selain sehat juga mengandung unsur ibadah karena diniatkan untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik,” pungkas rektor.

Sementara itu Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Jember, Marga Mandala dalam sambutannya menyampaikan, Fakultas Pertanian selama ini terus berupaya untuk mewujudkan Universitas Jember menjadi kampus yang ramah lingkungan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan disediakannya sebanyak 30 unit sepeda pancal untuk dijadikan sebagai kendaraan selama berada di areal Universitas Jember.

“30 unit sepeda ini bisa dimanfaatkan oleh kalangan mahasiswa ataupun dosen dan karyawan secara gratis. Mungkin ada kegiatan di fakultas lain atau dimanapun dilingkungan Universitas Jember bisa memanfaatkan sepeda ini secara gratis. Nanti akan kita atur bagaimana mekanismenya,” ujar Marga Mandala.

Marga Mandala mengatakan, tidak hanya dalam hal berkendara Fakultas Pertanian juga berupaya mengelola sampah yang ada disekitar Fakultas Pernanian untuk dikelola. Dirinya beserta para pimpinan Fakultas Pertanian sepakat untuk melarang keras pembakaran sampah.

“Kami semua sependapat untuk tidak membakar sampah. Sampah kami kelola dengan baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik ataupun pupuk kompos. Kedepan kita akan juga mengatur lalu-lintas kendaraan di Fakultas Pertanian agar tetap ramah lingkungan,” pungkasnya.