Fakultas Teknik Tidak Pernah Kering Prestasi

Jember, 25 November 2014

Fakultas Teknik Universitas Jember seakan tidak pernah kering dari prestasi gemilang. Setelah sebelumnya tim mobil listrik Titen GX-V dan tim Aero Modeling Ngejawantah Abob 01 tampil terbaik dalam ajang kompetisi tingkat nasional, tim inovasi bahan bangunan juga tidak mau ketinggalan. Tim yang diberi nama Logawa Teloelas ini sukses menarik perhatian dewan juri dalam ajang kompetisi tingkat nasional ICEF (Indonesian Civil And Enviromental Festival) 2014.

Dalam kompetisi yang digelar di IPB pada tanggal 6-9 November lalu, tim yang digawangi oleh Beny Rahmatulla, Tedy Pranadiarso dan Nanang Lutfian Putra ini mampu membuat beton dengan kekuatan yang maksimal namun dengan biaya yang cukup murah. Hal itu dikarenakan beton yang mereka buat berasal dari bahan campuran limbah kaca dan seng tutup  botol minuman.

“Beton buatan kami kekuatannya yang paling dekat dengan kriteria yang telah ditentukan oleh panitia,” ujar Tedy. Menurut Tedy, kekuatan dari beton yang mereka buat dan komposisi bahan yang merupakan bahan limbah mampu menarik perhartian para juri sehingga mereka mampu tampil sebagai juara 1. “Yang lain kekuatannya jauh berda dibawah ketentuan panitia dan beton kami ini juga murah soalnya bahannya banyak dari limbah,” imbuh Tedy.

Sementara itu melalui Pembantu Dekan III Sumardji, S.T., M.T, pihak Fakultas Teknik memberikan apresiasi yang sangat besar kepada tim “Logawa Teloelas.” Sumardji mengaku sangat bangga karena mereka telah membawa nama baik jurusan teknik sipil, fakultas bahkan juga universitas. Selain itu menurutnya, keikut sertaan mahasiswa dalam ajang kompetisi nasional dapat menjadi sarana meningkatkan kemampuan mereka dalam hal merancang bahan bangunan dengan kekuatan maksimal namun dengan biaya yang minimal.

“Mereka sudah membuktikan beton murah tidak harus mahal namun kita juga perlu melihat fektivitas dan efisiennsi waktu dalam membuatnya,” imbuh Sumardji. Dari prestasi yang telah mereka torehkan tersebut, pihak fakultas berjanji akan memberikan penghargaan kepada mereka. “Reward akan kami berikan kepada mereka semua dan masih kami ajukan apakah berupa uang tunai ataupun bebas SPP selama satu ataupun dua semester,” pungkas Sumardji. (Mj)

Leave us a Comment