Fakultas Teknik Gelar Donor Darah

Jember, 25 Februari 2014

Fakultas Teknik Universitas Jember kembali  menggelar bakti sosial donor darah. Kegiatan donor darah yang sudah kesekian kalinya ini mengusung tema “Aksi Peduli Donor Darah.”  Ir. Widyono Hadi, M.T. Dekan Fakultas Teknik turut hadir dan membuka secara langsung kegiatan baksos. Acara yang gelar di depan kampus Fakultas Teknik, (24/2) juga diikuti oleh masyarakat umum.

Dalam sambutannya Ir. Widyono Hadi, M.T. menyampaikan, kegiatan yang terselenggara atas kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Jember ini merupakan wujud kepedulian mahasiswa. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang di gelar oleh fakultas tekni bersama dengan PMI cabang Jember. “Ini adalah wujud kepedulian kami terhadap sesama karena darah yang telah kita donorkan sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Widyono juga menambahkan, dari kegitan donor tersebut nantinya akan dibuat data base nama-nama mahasiswa pendonor beserta golongan darahnya. “Nanti akan kami buat data base nama-nama mahasiswa pendonor beserta golongan darahnya sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan darah bisa kita hubungi,” imbuh Widyono.

Menurut Setyo Husodo staf Humas PMI cabang Jember saat ini kebutuhan darah di Jember mencapai 80-100 kantong per hari. Namun jumlah darah yang diperoleh dari pendonor aktif maupun sukarela hanya mencapai 60-70 kantong perhari. “Tiap hari kami minus 30 kantong darah sehingga kami menggunakan donor pengganti seperti keluarga atau saudara yang sakit,” ujar Setyo. (Mj)

Leave us a Comment