Fakultas Sastra Gelar Seminar Motivasi

Jember, 26 Agustus 2015

Sastra Inggris Fakutas Sastra Universitas Jember gelar seminar motivasi bertempat di Aula Fakultas Sasta, (23/8). Seminar tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam belajar dan berkarya di kancah nasional maupun internasional.

Acara tersebut menghadirkan pembicara yang merupakan alumni dari Fakultas Satra yang saat ini sudah sukses dalam berkarya. “Pematerinya ada dua orang, Dwi Rubiyanti Kholifah Direktur The Asian Muslim Action Network (AMAN), Women’s Movement Leader in Indonesia, dan One of 100 women Leader’s in the world (BBC Version). Yang kedua Yusri Fajar, penulis novel surat dari praha,” ujar Ketua Jurusan Sastra Inggris Dra. Supiastutik, M.Pd

Menurutnya, melalui seminar yang bertajuk “Menggali Potensi untuk Menembus Pasar Kerja Nasional dan Internasional” ini merupakan contoh nyata bagaimana alumni sastra berhasil mengaktualisasikan hingga bisa berkarya dengan baik.

“Kegiatan ini akan memberi motivasi bagi para mahasiswa bahwa mereka juga bisa meningkatkan kemampuan diri dan kompetensi dengan mencontoh dan meneladani keberhasilan para nara sumber yang juga merupakan kakak kelas mereka,” jelas wanita yang akrab dipanggil Ibu Tutik ini.

Dalam pemaparan materinya Dwi Rubiyanti Kholifah menyampaikan, belajar dan berorganisasi menjadi bagian yang sangat penting bagi mahasiswa untuk kemudian memilih apa yang baik untuk dikerjakan. “Saya hijrah ke jakarta utk belajar tentang perempuan, saya memang concern dengan pesoalan isu-isu perempuan. Inilah pilihan saya karena saya dapat membela hak-hak perempuan,” ujarnya.

 Sementara itu Yusri Fajar menceritakan kisah dirinya dari awal hingga bisa diterima kuliah di luar negeri melalui jalur beasiswa. “Awalnya saya terinspirasi sekolah ke luar negeri dari dosen-dosen saya di selama menuntut ilmu di Fakultas Sastra Universitas Jember. Kemudian mengirimkan lamaran beasiswa tapi ditolak di beberapa lembaga. Namun saya tidak berputus asa, akhirnya saya mencoba beasiswa di Asian Development Bank untuk short courses di Leeds University Inggris dan setelah itu Allah memberikan peluang belajar di Jerman,” ujarnya dengan penuh bangga. (BAK/Mj)

Leave us a Comment