Fakultas Pertanian Bersholawat

Jember, 15 Mei 2015

Kegiatan Sholawat bersama menjadi salah satu agenda dari Fakultas Pertanian dalam membentuk karakter mahasiswa yang beraklakul karimah. Seperti gelaran acara Fakultas Pertanian Bersholawat bersama Majlis Sholawat Dan Maulid Al-Ghofilin pada Sabtu malam, (9/5). Ribuan jamaah yang terdiri dari seluruh civitas akademika Universitas Jember dan masyarakat umum terlihat begitu khitmat melantunkan Sholawat yang dipimpin langsung oleh Gus Baikun pimpinan jamaah Sholawat Al-Gofilin.

Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Jani Januar, M.T. menuturkan acara Sholawat bersama menjadi salah satu agenda dalam menanamkan nilai-nilai agama kepada para mahasiswa. “Sebenarnya acara ini adalah inisisatif mahasiswa yang tergabung dalam Forum Studi Islam terkait peringatan Isro’ Mi’roj,” ujarnya.

Jani menjelaskan dari inisiatif mahasiswa itu kemudian fakultas memberikan dukungan secara penuh. “Karena ini merupakan agenda penting dan strategis untuk dijadikan agenda rutin bersama dalam rangka menanamkan nilai-nilai spiritual melalui siraman rohani,” imbuh Jani.

Melalui tema “Mencintai Dan Meneladani Nabi Muhammad SAW Dengan Sholawat Untuk Membangun Bangsa Yang Cerdas Dan Berakhlaqul Kharimah” merupakan wujud implementasi dari pendidkan karakter untuk mahasiswa. “Agar mereka tidak hanya mampu di persoalan sciens namun juga mampu bermasyarakat seperti yang kami lakukan ini bersama masyarakt bersholawat,” imbuhnya lagi.

Jani berharap melalui agenda ini mahasiswa dalam menyikapi persoalan masyarakat harus mampu menempatkan diri karena karena indonesia sendiri adalah bangsa yang majemuk. “ mahasiswa itu harus bisa membaur dengan masyarakat tidak ekslusif sehingga mampu memecahkan persoalan yang terjadi di masyarkat dengan mudah,” pungkas Jani. (Mj)

Leave us a Comment